Biografi Warren Edward Buffet Orang Terkaya di Dunia

Artikel terkait : Biografi Warren Edward Buffet Orang Terkaya di Dunia

Biografi Warren Edward Buffet adalah seorang investor dan pengusaha di Amerika Serikat. Warren Edward Buffet merupakan orang terkaya di dunia.


Biogrfai Warren Edward Buffet Orang Terkaya di Dunia
Warren Edward Buffet - Gambar dari id.wikipedia

Biodata 

  • Nama Lengkap : Warren Edward Buffet
  • Tempat Lahir : Omaha, Nebraska, Amerika Serikat
  • Tanggal Lahir : 30 Agustus 1930
  • Pekerjaan : Chairman & CEO, Berkshire Hathaway
  • Kekayaan : US$62 miliar (2008)

Kehidupan Keluarga dan Pendidikan

Warren Edward Buffet lahir di Omaha, Nebraska, Amerika Serikat. Warren Edward Buffet sebagai anak kedua dari tiga bersaudara. Beliau merupakan anak dari Howard Buffet dan Leila. Ayahnya merupakan politisi bisnis yang handal ungkapan buah jatuh tak jauh dari pohonnya seperti menggambarkan kehidupan Warren Buffet tidak terasa aneh jika Warren Edward Buffet mewarisi kemampuan berbisnis dari ayahnya.

Buffet bersekolah di Rose Hill Elementary School pada tahun 1942 di Omaha. Setelah itu melanjutkan studinya di Alice Deal Junior High School. Setelah itu berlanjut di Woodrow Wilson High School dan berhasil lulus dari University of Pensylvenia dan University of Nebraska Lincoln Columbia University. ia kemudian melanjutkan pendidikannya di Benjamin Grahamdi Columbia University setelah ia tahu bahwa Benjamin Graham dan David Dodd yang merupakan analis keuangan terkemuka kala itu mengajar di sana. Buffett lulus dari Columbia University pada tahun 1951 dengan meraih gelar Master of Science di bidang ekonomi.

Buffet mengakhiri masa lajangnya dengan menikahi Susie Thompson pada 19 April 1952. Dari hasil perkawinan tersebut beliau mempunyai 3 orang anak yaitu Susan Buffet, Howard Graham Buffet, dan Peter Buffet.


Bisnis dan Perusahaan

Kekuatan bisnis dan keahlian Buffett dalam berinvestasi juga diwarisinya dari sang ayah. Bakat bisnis memang mengalir di darah pria kelahiran 1930 itu. Buktinya, sejak kecil, Buffett sudah memperlihatkan ketertarikannya pada dunia usaha dengan ikut bekerja di toko grosir milik sang kakek, Ernest Platt Buffett.

Kemampuannya menciptakan nilai tambah ini sudah kelihatan sejak kecil. Sejak kecil Warren Buffet sudah menggeluti dunia entepreneur. Ketika berumur 11 tahun, ia hanyalah seorang penjual koran. Tapi ia memanfaatkan waktunya untuk keliling lapangan golf, mencari bola golf yang hilang, dan menjualnya dengan harga murah ke pemain golf di sekitar lapangan golf tersebut. Pada umur 14 tahun, saat Warren Buffet masih duduk di banku SMA, dia memulai bekerja sehingga memiliki uang sebesar $ 1,200 untuk membeli 40 ha tanah pertanian yang akhirnya dia sewakan pada petani lokal. Dari sini ia sudah menciptakan passive income dari sewa lahan. Perusahaan yang dibelinya selalu diperbaiki sebaik mungkin, fundamental bisnisnya ditingkatkan sehingga kinerja keuanganya mengkilat.

Beliau memulai karirnya dalam dunia bisnis yaitu pada tahun 1951 di perusahaan ayahnya Buffet falk & Co. Di Omaha dari tahun 1951 hingga 1954. Pada saat itu beliau menjabat sebagai Sales Investasi. Kemudian ia pindah ke Graham Newman Corp sebagai Security Analyst selama dua tahun (1954–1956). Kemudian pada tahun 1956–1969 pindah lagi ke Buffet Partnership, Ltd., sebagai General Partner. Pada tahun 1970 akhirnya beliau menjabat sebagai CEO di perusahaan Nerkshei Hathaway Inc.

Langkah awal Buffett dimulai tatkala ia membeli saham perusahaan tekstil Berkshire Hathaway pada 1962. Ia berhasil menjadi pemegang saham terbesar tiga tahun kemudian. Ia secara cerdik menginvestasikan uang nganggur perusahaan. Ia misalnya membeli perusahaan asuransi, perusahaan permata, utilitas, dan makanan melalui Berkshire. Lewat perusahaan ini pula ia menguasai beberapa perusahaan kelas dunia seperti Coca Cola, WellsFargo dan Kraft Food. Langkah terbarunya, Desember lalu ia mengakuisisi perusahaan manufaktur dan jasa Momon Holding sebesar US$ 4,5 miliar.

Langkah-langkah bisnisnya begitu mempesona dan cerdik sehingga ia selalu menjadi buruan para jurnalis bisnis. Begitu banyak pula media yang sudah menuliskan profilnya. Nyaris, setiap langkah Buffet adalah langkah investasi, dengan membeli saham perusahaan.

Karena kemahirannya dalam berbisnis Warren Edward Bullet memiliki julukan yaitu Oracle of Omaha.

Kekayaan

Berkat usahanya yang pantang menyerah pada tahun 1962 beliau menjadi seorang jutawan. Pada tahun 1998, Buffet membeli saham Coca-Cola. Bisnisnya terus berkembang pesat dan pada akhirnya tahun 1990 beliau berhasil menjadi seorang milyader. Pada tahun 2002 beliau masuk daftar sebagai orang terkaya di dunia.

Penghasilannya pada tahun 2002 berhasil menembus angka 11 Milyar Dollar dan pada tahun 2008 beliau menjadi orang terkaya di dunia dan menggeser posisi Bill Gates. Kekayaannya pada tahun 2008 mencapai angka 62 Milyar Dollar.

Namun pada tahun 2009 beliau mengalami kegagalan dalam melakukan investasi di perusahaan Conoco Philips yang menyebabkan posisinya tergeser kembali oleh Bill Gates sebagai orang terkaya di dunia.

Kunci Kesuksesan

Sebagai milyarder terkaya ke-2 di dunia karena usaha yang sangat keras dan tentunya tidak mudah, selain tersebut Buffett memiliki aturan sendiri dalam menjalankan bisnisnya. Dua peraturan tersebut menjadi pedoman usahanya itulah yang mengantarkan banyak kesuksesan dalam kehidupan Buffett.

Peraturan pertama dalam berbisnis adalah jangan pernah rugi. Tak kalah unik, peraturan kedua yang selalu dipatuhi Buffet adalah jangan pernah lupa aturan pertama. Berikutnya Buffett selalu bersikap pelit saat menghadapi orang-orang yang khawatir dengan keuangannya.

Taktik Buffett yang juga mengesankan adalah dia hanya mau membeli perusahaan luar biasa dengan harga super biasa. Berdasarkan pengalamannya, Buffett hanya mau membeli saham berkualitas saat harganya turun.

Itulah ulasan diatas mengenai Biografi Warren Edward Buffet yang merupakan orang terkaya di dunia dengan usaha keras dan pantang menyerah. Sekian dari Biografipedia semoga bermanfaat dan terima kasih.

Referensi :
  1. bisnis.liputan6.com/read/746305/punya-harta-ratusan-triliun-warren-buffett-hidup-irit
  2. orangterkayaindonesia.com/profil-warren-buffett/
  3. id.wikipedia.org/wiki/Warren_Buffett


Artikel Biografi Tokoh Dunia Lengkap Lainnya :

0 komentar:

Poskan Komentar

Hai, para pengunjung/pembaca situs biografipedia. Mengenai konten biografi yang Anda baca di atas merupakan hasil dari pengumpulan beberapa informasi mengenai tokoh yang bersangkutan. Kami berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan informasi seakurat mungkin, namun jika ada kesalahan mengenai informasi yang disampaikan di atas kami memohon maaf.

Berkomentarlah sesuai dengan topik yang sedang dibahas. Komentar dengan perkataan yang buruk atau tidak layak untuk dilihat, spam, link hidup akan kami hapus demi kenyamanan. Terima kasih.

Copyright © 2015-2016 Biografi Tokoh Dunia Lengkap