Biografi Michael Jackson Raja Pop

Artikel terkait : Biografi Michael Jackson Raja Pop

Michael Jackson adalah seorang penyanyi dan penulis lagu yang berasal dari Amerika Serikat. Ia menyukai pop sehingga ia terkenal sebagai the "King of Pop" dan memopulerkan gerakan dansa "Moonwalk" yang telah menjadi ciri khasnya saat ia tampil.

Biodata Michael Jackson

Nama Lengkap : Michael Joseph Jackson
Tanggal Lahir : 29 Agustus 1958
Tempat Lahir : Gary, Indiana, Amerika Serikat
Kewarganegaraan : Amerika Serikat

Biografi Michael Jackson
Image Courtesy of www.flickr.com

Kehidupan Michael Jackson

Michael Joseph Jackson lahir pada tanggal 29 Agustus 1958 di Gary, Indiana, Amerika Serikat. Ia adalah keturunan seorang Afrika-Amerika, ia lahir sebagai anak ke 7 dari 9 bersaudara dari pasangan Joseph Jackson (ayah) dengan Katherine Jackson (ibu). Saudaranya antara lain Rebbie, Jackie, Tito, Jermaine, La Toya, Marlon, Randy, Janet Jackson.

Jackson pernah menyatakan bahwa sejak kecil ia sering mendapatkan perlakuan kekerasan dari ayahnya, baik secara fisik maupun mental, seperti cambuk, dan memanggilnya dengan panggilan kasar. Namun demikian, ia juga mengakui bahwa kedisiplinan yang diterapkan ayahnya membawa pengaruh besar bagi kesuksesannya.

Jackson pertama kali menceritakan masa kecilnya ketika ia diwawancara oleh Oprah Winfrey pada tahun 1993. Ketika itu ia juga bercerita bahwa pada saat kecil, ia sering menangis kesepian dan kadang-kadang muntah ketika melihat ayahnya. Pada acara Living with Michael Jackson (2003), Michael terlihat menangis menutupi wajahnya ketika ia menceritakan tentang masa kecilnya.

Marlon Jackson menceritakan, pernah dalam suatu perselisihan, Jackson diangkat terbalik kemudian dipukuli di punggung dan pantatnya. Joseph (ayahnya) pernah mengenakan topeng menakutkan untuk menakuti anaknya, ia masuk ke kamar, berteriak keras menakut-nakuti Jackson. Joseph mengatakan bahwa ia melakukan itu untuk mengajarkan anak-anaknya agar ketika tidur tidak membiarkan jendela kamar terbuka.

Baca juga : Biografi Justin Bieber.

Karier

Jackson mulai mengambil peran sebagai penyanyi latar dan ikut menari. Dan akhirnya pada umur 8 tahun, ia dan Jermaine menjadi penyanyi utama, dan nama kelompok musik ini diganti menjadi The Jackson 5. Band ini melakukan tur di bagian tengah Amerika Serikat secara ekstensif pada tahun 1966 hingga 1968. Pada tahun 1966, mereka memenangi beberapa acara pencari bakat tingkat lokal.

Band The Jackson 5 telah merekam berbagai lagu, termasuk "Big Boy", untuk label rekaman lokal Steelwotn pada tahun 1967 dan menandatangani kontrak dnegan Motown Records pada tahun 1968. The Jackson 5 mulai masuk pada chart ketika empat single pertamanya (I Want You Back, ABC, The Love You Save, dan I'l Be There) menempati tangga pertama pada Billboard Hot 100.

Pada masa awal The Jackson 5, bagian relasi publik Mowton mengklaim bahwa Jackson berumur 9 tahun, meskipun sebenarnya ia berumur 11 tahun ketika itu. Mulai tahun 1972, Jackson merilis empat album solo dengan Motwon, di antaranya Got to Be There dan Ben.

Biografi Michael Jackson
Image Courtesy of www.flickr.com


The Jackson 5 menandatangani kontrak baru dengan CBS Record pada bulan Juni 1975, dalam divisi Philadelphia International Records yang kemudian diubah namanya menjadi Epic Records. Nama grup ini pun diubah dari The Jackson 5 menjadi The Jacksons dan menghasilkan enam album antara tahun 1976 hingga 1984, di mana sebagian besar lagunya di tulis oleh Michael Jackson.

Lagu yang dilahirkan oleh band The Jackson antara lain "Shake Your Body (Down to the Ground)", "This Place Hotel" dan "Can You Feel It." The Jackson juga memiliki acara TV sendiri di CBS, The Jacksons, yang mengudara dari tahun 1976 hingga 1977.

Pada tahun 1982, Epic merilis album kedua Jackson, Thriller. Kemunculan album ini dianggap sebagai puncak karier Jackson. Album kedua ini bertahan di 10 besar Billboard 200 selama 80 minggu berturut-turut. Tujuh lagu dari album ini secara bersamaan masuk dalam sepuluh besar Billboard Hot 100, tiga di antaranya "Billie Jean," "Beat It," dan "Wanna Be Startin' Somethin'."

Pada 25 Maret 1983, Michael Jackson tampil live dalam acara televisi spesial Motown 25: Yesterday, Today, Forever. Pada acara inilah ia pertama kali menampilkan gerakan tari nya yang terkenal, Moonwalk. Penampilannya di acara ini ditonton oleh sekitar 47 juta orang, dan hanya dapat disamai oleh penampilan Elvis Presley dan The Beatles danam The Ed Sullivan Show.

Pada tahun 1987, Jackson merilis album Bad, yang merupakan album pertamanya setelah berhenti selama lima tahun. Total penjualan album yang banyak ditunggu oleh penggemar ini tidak setinggi album Thriller, namun tetap saja dapat dianggap sukses secara komersial, serta berhasil menelurkan tujuh hit single di Amerika Serikat, lima di antaranya ("I Just Can't Stop Loving You", "Bad", "The Way You Make Me Feel", "Man in the Mirror" dan "Dirty Diana"). Hingga tahun 2008, album ini telah terjual lebih dari 30 juta kopi di seluruh dunia.

Bakti Sosial

Pada 14 Mei 1984, Jackson diundang ke White House untuk menerima penghargaan yang diberikan langsung pada saat itu oleh Presiden Amerika Serikat Ronald Reagan. Penghargaan ini diberikan atas kepedulian Jackson terhadap orang yang memiliki ketergantungan alkohol dan narkoba, sumbangan Jackson untuk badan amal yang membantu orang untuk keluar dari ketergantungan alkohol dan penyalahgunaan narkoba.

Pada tahun yang sama, ia memenangi 8 penghargaan pada Grammy Awards 1984. Pada tahun ini pula ia menyelenggarakan tur bertajuk Victory Tour yang secara total ditonton oleh lebih dari 2 juta orang. Ia mendonasikan $5 juta pendapatan dari Victory Tour untuk amal.

Jackson, bersama Lionel Richie, juga membuat single "We Are the World" yang dirilis ke seluruh dunia untuk tujuan amal, yaitu membantu rakyat miskin di Afrika dan Amerika Serikat. Single ini dinyanyikan oleh 39 selebritis, termasuk Jackson. Single ini juga menjadi single dengan penjualan terbaik sepanjang masa, dengan total penjualan 20 juta kopi.

Film Moonwalker

Pada 1988, Jackson merilis autobiografi pertamanya, yaitu Moonwalk, yang membutuhkan waktu selama 4 tahun untuk menyelesaikannya. Di dalam autobiografinya tersebut Jackson menulis tentang masa kecilnya, The Jackson 5, dan perlakuan kejam yang dideritanya.

Dia juga menulis kalau dia hanya menjalani dua operasi plastik pada mukanya. Jackson kemudian merilis film yang disebut Moonwalker yang berisi kumpulan rekaman-rekaman dan film pendek yang dibintangi Michael Jackson sendiri, dan Joe Pesci. Pada bulan Maret 1988.

Biografi Michael Jackson
Image Courtesy of www.flickr.com

Moonwalker adalah sebuah film yang dibintangi Michael Jackson sendiri. Film ini terdiri dari klip singkat mengenai riwayat Michael Jackson, kumpulan beberapa video klip dari album Bad, serta adegan-adegan tambahan yang merangkai klip-klip tersebut menjadi alur cerita yang utuh. 

Judul film ini diambil dari jargon Moonwalk, teknik tarian yang dipopulerkan oleh Jackson dalam penampilannya pada acara Motown 25: Yesterday, Today, Forever. Meskipun sebenarnya jargon tersebut dipopulerkan oleh media massa, namun Jackson sendiri memilih nama tersebut untuk judul filmnya.

Pada awalnya film ini dirilis bersamaan dengan diluncurkannya album Bad pada tahun 1987. Namun pada akhirnya film ini diluncurkan sebagai bagian dari konser Bad World Tour. Film ini pertama kali ditayangkan di bioskop-bioskop Inggris pada 26 Desember 1988. Film ini baru dirilis pada 10 Januari 1989 dalam bentuk Home Video setelah Jackson menyelesaikan Bad World Tour. Bedasarkan data 17 April 1989, video film ini telah terjual hingga 800.000 copy.


Diskografi

  1. Go to Be Here (1972)
  2. Ben (1972)
  3. Music and Me (1973)
  4. Forever, Michael (1974)
  5. Off the Wall (1979)
  6. Thriller (1982)
  7. Bad (1987)
  8. Dangerous (1991)
  9. History (1995)
  10. Invicible (2001)

Filmografi

Berikut ini beberapa karier Michael Jackson yang berhasil dijadikan menjadi film antara lain.
  1. The Wiz (1978)
  2. Captain EO (1986)
  3. Moonwalker (1988)
  4. Michael Jackson Ghost (1997)
  5. Men In Black II (2002)
  6. Mis Cat Away and The Island Girl (2004)
  7. This Is It (2009)

Tour

  1. Bad World Tour (1987-1989)
  2. Dangerous World Tour (1992-1993)
  3. HIStory World Tour (1996-1997)

Selama masa mudanya, Jackson memiliki kulit coklat, namun sejak awal tahun 1980, kulitnya tampak semakin memutih. Perubahan warna kulit ini memancing pertanyaan media dan memunculkan rumor-rumor, di antaranya rumor yang mengatakan bahwa Jackson sengaja memutihkan kulitnya. 

Menurut biografi yang ditulis oleh J. Randy Taraborrelli, pada tahun 1986, Jackson didiagnosis menderita penyakit vitiligo dan lupus merupakan penyakit vitiligo membuat kulitnya terlihat putih di beberapa bagian. 

Penyakit ini mengakibatkan Jackson sensitif terhadap sinar matahari. Perawatan yang diberikan kepada Jackson untuk penyakitnya tersebut turut mengakibatnya kulitnya semakin memutih. Selain perubahan pada warna kulit, ia juga diketahui melakukan operasi plastik pada bagian hidung, jidat, bibir, dan tulang pipi.

Michael Jackson merencanakan untuk menggelar konser terakhirnya di O2 Arena London, Jackson menamai konser ini dengan nama This Is It Michael Jackson. Konser yang rencananya akan dilaksanakan tanggal 25 Juli 2009, namun satu bulan sebelum konsernya berlangsung, Michael Jackson meninggal dunia di rumahnya di Los Angeles pada hari Kamis, 25 Juni 2009. Ia tidak sadarkan diri setelah mengalami gagal jantung. Ia juga diduga mengalami gagal jantung sesaat setelah diberi suntikan demerol. 

Artikel Biografi Tokoh Dunia Lengkap Lainnya :

0 komentar:

Poskan Komentar

Hai, para pengunjung/pembaca situs biografipedia. Mengenai konten biografi yang Anda baca di atas merupakan hasil dari pengumpulan beberapa informasi mengenai tokoh yang bersangkutan. Kami berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan informasi seakurat mungkin, namun jika ada kesalahan mengenai informasi yang disampaikan di atas kami memohon maaf.

Berkomentarlah sesuai dengan topik yang sedang dibahas. Komentar dengan perkataan yang buruk atau tidak layak untuk dilihat, spam, link hidup akan kami hapus demi kenyamanan. Terima kasih.

Copyright © 2015-2016 Biografi Tokoh Dunia Lengkap