Biografi Gita Gutawa Aktris Indonesia

Artikel terkait : Biografi Gita Gutawa Aktris Indonesia

Gita Gutawa adalah seorang aktris, seorang penyanyi berbakat yang memiliki ciri khas, yaitu mempunyai suara yang sopran, dan penulis lagu berkebangsaan Indonesia. Ia merupakan putri dari pasangan musisi Erwin Gutawa dan Lutfi Andriani. Sejak kecil Gita Gutawa sudah akrab dengan dunia musik.

Gita Gutawa suka dengan musik, oleh karena itu ia suka melihat pertunjukkan ayahnya sendiri. Selain itu, Gita Gutawa juga didukung oleh ayahnya dalam dunia musik, tidak hanya itu ayahnya juga membimbing Gita Gutawa hingga sampai seperti saat ini.

Biografi Gita Gutawa Aktris Indonesia
Gita Gutawa - Image Courtesy of www.fansshare.com

Biodata Gita Gutawa

  1. Nama Lengkap : Aluna Sagita Gutawa
  2. Tanggal Lahir : 11 Agustus 1993
  3. Tempat Lahir : Jakarta, Indonesia
  4. Kewarganegaraan : Indonesia
  5. Orang tua : Erwin Gutawa (ayah), dan Lutfi Andriani (ibu)


Kehidupan Awal

Gita Gutawa lahir di Jakarta, 11 Agustus 1993, yang diberi nama Aluna Sagita Gutawa, oleh orang tuanya, namun sekarang lebih dikenal dengan nama Gita Gutawa. Gita Gutawa merupakan putri pertama dari dua bersaudara (Aura Aria Gutawa, adik), ayahnya adalah seorang musisi berbakat Erwin Gutawa dan ibunya bernama Lutfi Andriani.

Sejak kecil Gita Gutawa suka melihat pertunjukkan musik ayahnya. Sejak kecil ia sudah dikenalkan dengan dunia musik oleh kedua orang tuanya. Ia didaftarkan di sebuah tempat kursus piano klasik, tidak hanya piano saja, Gita Gutawa juga mengikuti kursus vokal untuk mengembangkan suara soprannya agar lebih baik.

Sejak duduk di bangku kelas 2 SD ia sudah mulai belajar bermain piano klasik di Yayasan Musik Jakarta. Di samping itu ia juga mempelajari piano, jazz dan gitar. Sementara dari sisi vokal, Gita berguru pada Aida Swenchen (PSAI) dan Catharina Leimena.

Gita mendapat dukungan penuh dari ayahnya, yang juga turut membantu membimbingnya dalam dunia musik. Dalam konser Dekade Chrisye, yang seringkali berkolaborasi dengan ayahnya, ia diundang untuk tampil di atas panggung. Gita kemudian mengatakan bahwa Chrisye adalah salah seorang idolanya.

Saat memasuki Sekolah Menengah Pertama Gita bersekolah di SMP Al-Izhar, tidak seperti artis pada umumnya yang lebih bersekolah di rumah karena kesibukannya. Gita menganggap bahwa "menghadiri sekolah biasa lebih menarik", mempunyai banyak teman, dan punya kesempatan untuk bersosialisasi. Saat menempuh pendidikan di sekolah dasar dan sekolah menengah pertama, ia terpilih sebagai siswa terbaik selama lima tahun berturut-turut. 

Setelah lulus dari SMP, Gita melanjutkan ke SMA Bina Nusantara. Pada tahun 2009, Gita dipilih oleh Sampoerna Foundation, yang dijalankan oleh perusahaan investasi Sampoerna Strategic, sebagai duta muda pertama yang ikut berperan secara langsung dalam pengambilan keputusan perusahaan.


Karier Dalam Dunia Musik

Bakat menyanyinya ditemukan pada tahun 2004 saat ia sedang berlatih vokal, dan kebetulan saat ia berlatih, manager ADA Band mendengarnya di sebelah studio band tersebu, kemudian manager tersebut meminta kepada Gita untuk berduet dengan vokalis grup musik ADA Band. 

Lagu duetnya bersama vokalis ADA Band adalah "Yang Terbaik Bagimu" disertakan dalam album ADA Band tahun 2005, Surga Cinta. Album ini terjual sebanyak 800.000 kopi. Setelah berduet dengan beberapa penyanyi lainnya, termasuk penyanyi religi Haddad Alwi,Gita ditawari untuk merekam album solo oleh Sony Music Indonesia.

Setelah masa produksi selama satu tahun, album debut Gita yang bertajuk Gita Gutawa dirilis pada Februari 2007. Album ini diproduseri oleh ayahnya sendiri dan memuat lagu-lagu yang ditulis oleh Glenn Fredly dan Melly Goeslaw. Dengan penerimaan yang baik, album ini terjual sebanyak 150.000 kopi dalam waktu empat bulan dan berhasil meraih sertifikat triple platinum. 

Kesuksesan album ini, membuat jadwal Gita mulai dibanjiri oleh permintaan untuk tampil di media dan membintangi iklan. Hal ini menyebabkan ibu Gita bertindak sebagai manajernya, dan tetap menjadi manajer Gita hingga masa kehamilannya. Setelah itu, kerabat Gita yang lainnya menggantikan posisi ibunya sebagai manajer, namun ibunya tetap menjadwalkan penampilan media dan sesi rekaman Gita.

Biografi Gita Gutawa Aktris Indonesia


Gita mulai bernyanyi di beberapa festival musik. Kemampuannya dalam bernyayi tak perlu diragukan lagi, sebab pada tahun 2008, ia berhasil menjuarai Festival Lagu Internasional Nile Children ke-6 di Kairo, Mesir. Ia menyanyikan dua buah lagu yang berjudul "Alunan Sebua Lagu", dan "To Be One".

Gita mulai memproduksi album kedua, yaitu Harmoni Cinta, pada bulan Juni 2008. Kemudian, Gita memainkan peran yang lebih besar dalam produksi album ini daripada album debutnya dengan turut serta memilih konsep album dan daftar lagu, ia akhirnya menulis lima dari dua belas lagu yang terdapat dalam album tersebut. Album ini dirilis pada bulan Mei 2009 dan laris di pasaran.

Pada albumnya yang kedua, ia melibatkan beberapa pencipta lagu terkenal seperti Yovie Widianto, Melly Goeslaw, Dewiq, serta Maia Estianti. Dalam album keduanya ini Gita juga menyanyikan kembali lagu Aku Cinta Dia, sebuah tembang lawas yang pernah dipopulerkan oleh almarhum Musisi, Pencipta Lagu Chrisye.

Tindakan pertama yang dilakukan Gita salah satunya adalah dengan berjanji bahwa sebagian hasil dari penjualan album Harmoni Cinta akan digunakannya untuk menyekolahkan anak-anak Indonesia yang hidup dalam kemiskinan, setiap penjualan dua puluh album cukup untuk menyekolahkan satu anak. Melalui Sampoerna Foundation. Pada tahun 2009 Gita terpilih menjadi Duta Pendidikan Sampoerna Foundation.

Gita juga terpilih sebagai Duta Budaya Indonesia untuk tampil di Seoul pada Juni 2009, dengan memperkenalkan berbagai budaya Indonesia. Di acara tersebut Gita membawakan tarian Bali selain sebuah lagu dari album keduanya: Remember. Pada bulan Agustus pada tahun yang sama, Gita merilis biografinya yang berjudul Kotak Musik Gita Gutawa. Meski tidak menulis sendiri, namun Gita ingin berbagi pengalamannya selama menggeluti dunia musik dengan para penggemarnya.

Sejak merilis album debutnya, ia telah menelurkan dua album, yakni Harmoni Cinta pada tahun 2009 dan album religi Balada Shalawat pada tahun 2010. Saat rekaman album ketiga Balada Shalawat, Gita dilatih oleh seorang ustad terkait dengan pengucapan bahasa Arab yang benar yang digunakan dalam beberap lirik lagu tersebut. Album ini dirilis pada bulan Ramadhan, dan keuntungannya disumbangkan kepada rakyat miskin di Indonesia.

Gita juga menjajal dunia akting lewat serial sinetron pendek Ajari Aku Cinta. Dari berakting di depan layar kaca, kini Gita mulai merambah dunia layar lebar. Akhir 2009, ia mulai syuting film Love In Perth. Tak hanya mahir berakting di depan layar lebar, namun Gita juga melebarkan sayapnya dengan berakting di belakang layar. Ia dipercaya menjadi pengisi suara dalam film animasi pertama di Indonesia, Meraih Mimpi karya produser Nia Dinata.


Penghargaan

  1. Tahun 2007 | SCTV Awards - Sebagai Penyanyi Ngetop
  2. Tahun 2008 | International Nile Child Song Festival - Grand Prize
  3. Tahun 2008 | SCTV Awards - Album Terbaik
  4. Tahun 2008 | Anugerah Musik Indonesia - Artis Pendatang Baru Terbaik
  5. Tahun 2008 | Anugerah Musik Indonesia - Album Terbaik
  6. Tahun 2009 | Indonesia Kids Choice Awards - Penyanyi Wanita Terfavorit
  7. Tahun 2010 | Indonesia Kids Choice Awards - Penyanyi Wanita Terfavorit

Pada saat melalukan wawancara dengan Jakarta Globe pada tahun 2011, Gita berkata bahwa ia akan tetap melanjutkan kegiatan bernyanyi sebagai hobi meskipun hal tersebut sudah menjadi kariernya. Gita seringkali memperoleh inspirasi dari pengalamannya sendiri, serta dari teman-temannya.

Artikel Biografi Tokoh Dunia Lengkap Lainnya :

0 komentar:

Poskan Komentar

Hai, para pengunjung/pembaca situs biografipedia. Mengenai konten biografi yang Anda baca di atas merupakan hasil dari pengumpulan beberapa informasi mengenai tokoh yang bersangkutan. Kami berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan informasi seakurat mungkin, namun jika ada kesalahan mengenai informasi yang disampaikan di atas kami memohon maaf.

Berkomentarlah sesuai dengan topik yang sedang dibahas. Komentar dengan perkataan yang buruk atau tidak layak untuk dilihat, spam, link hidup akan kami hapus demi kenyamanan. Terima kasih.

Copyright © 2015-2016 Biografi Tokoh Dunia Lengkap