Biografi Jack Ma Pendiri Perusahaan Ecommerce Alibaba

Artikel terkait : Biografi Jack Ma Pendiri Perusahaan Ecommerce Alibaba

Jack Ma adalah seorang miliarder yang berasal dari Tiongkok. Ia merupakan pendiri dari situs e-commerce www.alibaba.com yang saat ini merupakan perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok. Tidak hanya itu guru bahasa inggris tersebut untuk saat ini menjadi salah satu orang yang termasuk dalam jajaran orang terkaya di Tiongkok.

Biografi Jack Ma Pendiri Perusahaan Ecommerce Alibaba
Gambar dari www.livermint.com

Jack Ma lahir pada tanggal 15 Oktober 1964 di Hangzhou, Tiongkok. Ia memiliki seorang kakak laki-laki dan adik perempuan. Ia dan saudara-saudaranya hidup dalam keluarga yang kurang mampu. Orangtuanya hanya bekerja sebagai pemusik dan pendongeng tradisional di Tiongkok yang pada saat itu negara tersebut semakin terisolasi dari dunia Barat.

Pada tahun 1972, Presiden AS Richard Nixon mengunjungi Hangzhou. Setelah kunjungan presiden tersebut kampung halaman tempat tinggal Jack menjadi tujuan turis untuk berwisata. Saat berusia 12 tahun, ia bersepeda mengunjungi hotel utama yang ada di kota untuk menawarkan jasa penerjemah bahasa kepada pengunjung dan juga menjadi pemandu wisata.

Kegiatan inilah yang membuatnya menjadi fasih dalam berbahasa Inggris. Delapan tahun Ma menjalani kegiatan seperti ini dari usia 12 hingga 20 tahun. Bersosialisai bersama turis asing benar-benar mengubah cara pandangnya mengenai hidup, ia berfikir secara global jika dibandingkan dengan kebanyakan penduduk Tiongkok yang lainnya, yang pada saat itu Tiongkok baru saja mulai membuka diri terhadap kehidupan Barat.

Jack Ma pernah dua kali gagal dalam ujian untuk masuk ke universitas, namun hal tersebut tidak membuatnya menyerah, ia mengikuti ujian kembali, dan akhirnya ia berhasil lulus dalam ujian ketiganya dan resmi menjadi mahasiswa di Hangzhou Teacher's Institute, sebuah Perguruan Tinggi khusus bidang pendidikan. Dan ia lulus pada tahun 1988.


Setelah lulus, Jack mulai melamar pekerjaan di beberapa perusahaa, namun kembali ia harus menemui masalah saat melamar pekerjaan salah satunya adalah ditolak. Beberapa kali ia melamar pada sejumlah perusahaan, namun semua lamaran kerjanya tidak diterima.

Lamaran pekerjaannya yang ditolak akhirnya Jack memutuskan untuk menjadi guru bahasa Inggris di Tiongkok, ia memilih pekerjaan ini karena ia sudah fasih dalam berbahasa Inggris sehingga itu tidak akan menyulitkannya saat bekerja sebagai guru bahasa Inggris. Ia menikmati pekerjaannya sebagai guru, walaupun gajinya hanya sekitar $12 sampai $15 per-bulan.

Kemampuannya dalam berbahasa Inggris membuatnya sering diajak para pengusaha Tiongkok untuk menjadi translator. Pada tahun 1995, Ma pergi di Amerika Seikat untuk kepentingan sebagai penerjemah, saat di sana ia bertemu dengan temannya di Seattle. 

Sejak adanya jaringan internet yang diciptakan oleh Leonard Kleinrock pada tahun 1969, Jack baru mengenal dan menggunakan internet untuk pertama kalinya pada tahun 1995, yang dikenalkan oleh temannya. Pada waktu itu temannya mengatakan bahwa semuanya bisa ditemukan di Internet. Ia mencoba mengetikkan kata kunci 'beer' di mesin pencari, namun ia tidak menemukan data tentang Tiongkok dengan kata kunci tersebut dihasil pencarian.

Berkat kata kunci tersebut, Jack melihat potensi untuk mengembangkan bisnis online di Tiongkok. Akhirnya atas bantuan temannya di Amerika, ia berhasil membuat sebuah website yang menawarkan jasa translate dari bahasa China.

Pada tahun 1955, Jack mendirikan sebuah website tentang indeks bisnis di Tiongkok yang beranama China Pages, website tersebut merupakan perusahaan berbasis online pertama di Tiongkok. 

Pada tahun 1997, ia meninggalkan China Pages untuk bergabung bersama pemerintah. Ia menjadi pemimpin perusahaan teknologi informasi yang dibangun oleh China International Electronic Commerce Center, sebuah departemen dari Kementrian Perdagangan Luar Negeri dan Kerjasama Ekonomi Tiongkok pada tahun 1998-1999.

Mendirikan dan Perjalanan Alibaba.com

Alibaba.com merupakan situs e-commerce yang mempertemukan antara supplier dan customer yang berskala global yang berdiri pada tahun 1999 yang didirikan oleh Jack Ma. Dalam mendirikan situs ini ia dibantu oleh 17 orang temannya di Hangzhou. 

Nama Alibaba diambil ketika ia berada di sebuah kedai kopi di San Fransisco, saat itu ia sedang mempikirkan sebuah nama apa yang pantas untuk perusahaannya dan mudah dikenal oleh semua orang yang ada di dunia kemudian ia mendapatkan ide dengan nama Alibaba. 

Jack Ma mulai menanyakan nama tersebut kepada pelayan yang ada di sana, ia bertanya "Apa yang kamu ketahui tentang Alibaba?", pelayan tersebut menjawab "Alibaba dan 40 pencuri". Kemudian ia bertanya kepada beberapa orang mengenai Alibaba, dan orang yang ditanyai soal Alibaba mereka semua menjawab tahu. Akhirnya ia menggunakan nama Alibaba sebagai nama perusahaannya karena mudah dieja, mudah diingat dan sudah diketahui secara global.


Alibaba.com menghubungkan para eksportit Tiongkok dengan pembeli dari orang asing. Pada saat itu perekonomian Tiongkok mulai menggeliat dan pebisnis dari Tiongkok membutuhkan sebuah tempat untuk dapat bertransaksi dengan dunia luar berkat inilah Alibaba menjadi salah satu situs e-commerce terbesar dan tersukses di Tiongkok.

Pada Mei 2003, Alibaba mendirikian Taobao, sebuah situs berbelanja, yang mempunyai fungsi mirip seperti eBay. Ada yang mengatakan bahwa tujuan dibuatnya situs ini untuk menyaingi eBay yang pada saat itu menjadi penguasa online shopping di Tiongkok setelah membeli Eachnet, sebuah situs lelang terbesar di Tiongkok yang merupakan pasar online utama di pasar elektronik komersial Tiongkok.

Untuk dapat menyaingi eBay, Jack menggratiskan transaksi penjualan yang terjadi di Taobao, baik dari sisi penjual maupun pembeli. Hal yang ia lakukan berhasil dengan baik itu terbukti ketika dalam sebuah konferensi pers pada Oktober 2005, ia mengatakan bahwa Taobao berhasil menguasai 70% pangsa pasar untuk online shopping di Tiongkok. Pada tahun 2006, eBay memutuskan untuk meninggalkan pasar online Tiongkok.

Pada Mei 2009, Jack mendapat penghargaan Time Magazine dalam 100 orang paling berpengaruh dunia. Ia juga terpilih sebagai salah satu "Top 10 Pengusaha Paling Disegani di Tiongkok" oleh Majalah Forbes. Pada bulan Juni 2011, Jack Ma memutuskan Taobao akan dipisah menjadi 3 perusaan berbeda, yaitu Taobao Mall, Taobao Marketplace, dan eTao

Pada Agustus 2014, Alibaba melakukan IPO (Initial Public Offering) di bursa saham AS. IPO yang dilakukan oleh Alibaba di bursa saham New York mencetak rekor dunia. Nilai perusahaan Alibaba mencapai US$162,7 miliar dengan perkiraan harga US$66 per-lembar saham, Alibaba berhasil melampaui nilai Amazon yang sekitar US$ 152,4 miliar. Hal tersebut menempatkan Alibaba sebagai perusahaan internet terbesar ketiga yang tercatat di pasar saham setelah Google dan Facebook.

Pada tahun 2013, Jack mengundurkan diri dari jabatannya sebagai CEO di Alibaba dan digantikan oleh Jonathan Lu. Setelah mengundurkan diri sebagai CEO, kini ia menjabat sebagai ketua eksekutif di Alibaba. Pada usia 50 tahun, ia memiliki kekayaan bersih sebesar US$ 26,5 miliar, menurut Indeks Bloomberg Billionaires.

Artikel Biografi Tokoh Dunia Lengkap Lainnya :

3 komentar:

  1. Perbedaan antara etao, taobao mall dam taobao marketplace? ?

    BalasHapus
  2. sangat inspiratif terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat, kelihatannya nih jiwa-jiwa pengusaha.

      Hapus

Hai, para pengunjung/pembaca situs biografipedia. Mengenai konten biografi yang Anda baca di atas merupakan hasil dari pengumpulan beberapa informasi mengenai tokoh yang bersangkutan. Kami berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan informasi seakurat mungkin, namun jika ada kesalahan mengenai informasi yang disampaikan di atas kami memohon maaf.

Berkomentarlah sesuai dengan topik yang sedang dibahas. Komentar dengan perkataan yang buruk atau tidak layak untuk dilihat, spam, link hidup akan kami hapus demi kenyamanan. Terima kasih.

Copyright © 2015-2016 Biografi Tokoh Dunia Lengkap