Biografi Tokoh Dunia Lengkap

Biografi Pedia memberikan informasi seputar Biografi tokoh dunia dan biodata lengkap yang berasal dari sumber yang terpercaya.

Kamis, 17 Desember 2015

Biografi Carlos Slim Helu Pengusaha Kaya di Dunia

Carlos Slim Helu adalah seorang pengusaha yang berasal dari Mexico. Ia juga seorang CEO dari sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang telekomunikasi, yaitu Teléfonos de México, Telcel, dan América Móvil. Pada tahun 2013, ia dinobatkan sebagai orang terkaya nomor satu di dunia versi Majalah Forbes

Majalah Forbes adalah sebuah majalah bisnis dan finansial Amerika Serikat yang didirikan pada tahun 1917 oleh B.C. Forbes. Majalah Forbes pertama kali diterbitkan di Indonesia oleh PT Wahana Mediatama pada bulan November 2010. Majalah ini bermarkas di Fifth Avenue di New York City.

Carlos Slim lahir pada tanggal 28 Januari 1940, di Mexico City. Nama Slim diambil dari nama tengah ayahnya, Julian Slim Haddad, sedangkan nama Helu diambil dari nama ibunya, Linda Helu. Ia adalah anak bungsu dari enam bersaudara.

Biografi Carlos Slim Helu Pengusaha Kaya di Dunia
pixabay.com
Orang tuanya bernama Julián Slim Haddad dan Linda Helú, keduanya berasal dari Lebanon. Pada akhir abad ke-19 orang tuanya bermigrasi ke Meksiko dan mendirikan sebuah majalah berbahasa Arab yang diperuntukkan untuk masyarakat Lebanon-Meksiko.

Pada tahun 1952, ayahnya meninggal dunia. Carlos yang pada saat itu telah menyandang gelar insinyur teknik sipil setelah lulus dari National Autonomous University of Mexice pada tahun 1961. Ia juga pernah mengajar Aljabar dan Linear Programming. Ia juga sempat mengajar di Economic Commission for Latin America and The Caribbean (ECLAC).

Carlos menikah dengan Soumaya Domit pada tahun 1967. Dari perkawinannya tersebut ia mempunyai tiga orang anak, yang bernama Carlos Slim Domit, Marco Antonio Slim Domit, dan Patrick Slim Domit. Ketiga anaknya tersebut ikut bertanggungjawab terhadap keberlangsungan perusahaan yang dipimpinnya.


Pada tahun 1990, pada saat itu perusahaan dalam bidang telekomunikasi, yaitu Teléfonos de México (Telmex) dalam kondisi kurang bagus, Carlos membelinya dari pemerintah dengan menggandeng Southwestern Bell Corp dan France Telecom. Ia memperbaiki pelayanan telepon yang ada di Mexico, dengan berupa tawaran sambungan lokal, direktori telepon, interlokal, selular, dan internet.

Berkat usaha dan pelayanan yang diperbaiki akhirnya Telmex menjadi sebuah perusahaan telekomunikasi terbesar di Mexico, tidak hanya itu, Telmex tercatat sebagai salah satu perusahaan yang disegani di New York Stock Exchange.

Carlos merupakan wakil Presiden Komisaris dari Mexican Stock Exchange dan Presiden Komisaris pada perusahaan Mexican Association of Brokerage Houses. Ia juga menjadi Presiden pertama pada perusahaan New York Stock Exchange Administration Council yang menjabat pada tahun 1996 sampai 1998.

Pada tahun 2000, Carlos membuat perusahaan yang bertujuan untuk menyelamatkan kota Meksiko dan menyelamatkan orang yang kurang beruntung agar memiliki kualitas hidup yang lebih baik yang ia beri nama, yaitu Mexico City Historic Downtown Foundation. Ia adalah sosok dibalik berkembangnya keuangan di Mexico. Ia dinobatkan sebagai pengusaha terbaik di Mexico saat berusia 28 tahun.

Carlos dinobatkan sebagai pengusaha terbaik di Meksiko saat berusia 28 tahun. Ia juga dianugerahi Merit Medal of Honor oleh Kadin Mexico, ia juga mendapat anugerah Golden Plate Award dari American Academy of Achievement, serta Leopold II Commander Medal dari Pemerintah Belgia.

Kekayaan Carlos Slim Helu

Carlos Slim Helu berhasil menjadi orang terkaya nomor satu di dunia dalam Majalah Forbes. Dari tahun 2010 sampai 2013 beliau berhasil memuncaki urutan pertama terkaya di dunia dalam Majalah Forbes mengalahkan Bill Gates yang berada di posisi dua dan Edward Warren Buffet yang berada dalam posisi ketiga. 

Dilihat dari daftar miliarder majalah Forbes kekayaan yang dimiliki oleh Carlos Slim Helu dari tahun 2010 sampai 2013 mengalami kenaikan, yaitu pada tahun 2010 total kekayaannya sebesar $53.5 miliar, tahun 2011 sebesar $74 miliar, dan tahun 2012 sebesar $69 miliar, tahun 2013 sebesar $73.0 miliar, tahun 2014 sebesar $72 miliar, dan tahun 2015 sebesar $71.1 miliar. 

Selama empat tahun berturut-turut, yaitu 2010, 2011, 2012, dan 2013, Carlos berhasil menduduki posisi pertama orang terkaya di dunia versi majalah Forbes. Sumber penghasilannya ia dapatkan dari Telmex, América Móvil, dan perusahaan-perusahaan yang ia kelola.

 
Back To Top