Biografi George Boole Pencetus Aljabar Boolean

Artikel terkait : Biografi George Boole Pencetus Aljabar Boolean

George Boole adalah seorang filsuf dan matematikawan yang berasal dari Inggris. Beliau membangun modern logika simbolik dan yang aljabar logika, sekarang disebut Aljabar Boolean, yang digunakan sebagai dasar untuk desain sirkuit komputer digital.

George Boole lahir pada tanggal 2 November di Lincoln, England. Orang tuanya bernama John Boole dan Mary Ann Joyce. Ia diberi pelajaran pertama dalam matematika dan juga diajarkan untuk membuat instrumen optik oleh ayahnya, seorang pembuat sepatu.

George memiliki pendidikan sekolah dasar, namun sedikit pengajaran yang lebih formal dan akademik. William Brooke, sastra di Lincoln, mungkin telah membantunya dalam mengajarkan Latin, yang mana ia juga dapat belajar di sekolah Thomas Bainbridge.

Biografi George Boole Pencetus Aljabar Boolean
sumber : en.wikipedia.org
George harus membantu keluarganya ketika bisnis ayahnya menurun. Saat berusia 16 tahun, ia sudah mengajar di sebuah sekolah yang berada di Riding of Yorkshie Barat. Ia memanfaatkan waktu luangnya untuk membaca. 

George membaca jurnal matetika di Lincoln Mechanics Institute. Ia juga membaca Isaac Newton Principia, Pierre-Simon Laplace Traite de mécanique céleste, dan Joseph-Louis Lagrange Mécanique analytique dan belajar untuk memecahkan masalah-masalah dalam aljabar.

George belajar mengenai kalkulus lebih dalam melalui buku matematika yang diberikan oleh teman kenalannya ketika ia berpatisipasi di Lincoln Mechanics Institute yang didirikan pada tahun 1833, yaitu bernama Sir Edward Bromhead. Ia juga mendapat teks kalkulus karya Sylvestre Francois Lacroix yang didapatkan dari George Stevens Dickson dari St Swithin Lincoln.

Saat berusia 20 tahun George Boolean mendirikan sebuah sekolah di Lincoln. Saat berusia 24 tahun ia mengambil alih Hall's Academy di Waddington. Akademi tersebut ia dapatlan ketika Robert Hall yang pada saat itu berstatus pemiliknya meninggal dunia.

Pada tahun 1841, ia menemukan Invarian Teori, cabang baru matematika. Teori matematika ini adalah sumber inspirasi bagi Albert Einstein. Pada tahun 1844, ia membahas mengenai metode gabungan aljabar dan kalkulus melalui kertas di Transaksi Filosofis dari Royal Society.

Pada tahun 1849, ia bekerja sebagai profesor matematika di Queen College, Cork di Irlandia. Pada tahun 1854, ia bekerja pada aljabar logika yang lebih dikenal sebagai aljabar boolean. Pada tahun yang sama ia memperkenalkan metode simbolik umum inferensi logis melalui Laws of Thought.

George menikah dengan Mary Everest pada tahun 1855. Dari pernikahan tersebut mereka mempunyai lima orang anak perempuan yang diberi nama, Mary Lucy, Magaret, Alicia, Lucy Everest, dan Ethel Lilian. Pada tahun 1847 ia ikut serta dalam membangun sebuah building society.

Alicia Boole salah satu anak perempuannya menjadi seorang ahli matematika. Sementara saudaranya Everest Boole menjadi seorang profesor wanita pertama dalam bidang kimia di Inggris. Selain ayahnya anaknya juga berprestasi.

George dianugerahi Keith Medal oleh Royal Society of Edinburgh pada tahun 1855 dan terpilih sebagai Fellow dari Royal Society pada tahun 1857. Ia juga menerima gelar kehormatan dari LL.D. dari University of Dublin dan Universitas Oxford.

George salah satu ahli matematika modern yang paling berpengaruh penting dalam sejarah dunia kalkulus. Beliau juga yang meletakan pondasi dasar bagi era informasi. Berkat kontribusi George dalam matematika benar ­benar efektif dalam membantu merancang komputer digital dan sirkuit elektronik. 

Artikel Biografi Tokoh Dunia Lengkap Lainnya :

0 komentar:

Poskan Komentar

Hai, para pengunjung/pembaca situs biografipedia. Mengenai konten biografi yang Anda baca di atas merupakan hasil dari pengumpulan beberapa informasi mengenai tokoh yang bersangkutan. Kami berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan informasi seakurat mungkin, namun jika ada kesalahan mengenai informasi yang disampaikan di atas kami memohon maaf.

Berkomentarlah sesuai dengan topik yang sedang dibahas. Komentar dengan perkataan yang buruk atau tidak layak untuk dilihat, spam, link hidup akan kami hapus demi kenyamanan. Terima kasih.

Copyright © 2015-2016 Biografi Tokoh Dunia Lengkap