Biografi Sir Isaac Newton Pencetus Teori Gravitasi

Artikel terkait : Biografi Sir Isaac Newton Pencetus Teori Gravitasi

Bahwa setiap benda yang pada awalnya tidak bergerak atau diam menjadi bergerak atau setiap benda yang pada awalnya bergerak menjadi diam, hal tersebut terjadi karena ada yang menggerakan atau menghentikan benda tersebut. Kita mengenalnya sebagai "gaya". 

Mengapa buah jatuh atau bergerak menuju permukaan bumi setelah terlepas dari tangkainya ? Hukum Newton menyatakan bahwa ika buah bergerak, maka pasti ada gaya yang bekerja pada buah tersebut. Gaya yang menyebabkan buah atau benda apapun yang jatuh menuju permukaan bumi disebut gaya gravitasi. Berbicara perihal ini pasti kita akan mengenal salah satu pencetus teori gravitasi, yaitu Isaac Newton.

Sir Isaac Newton lahir pada tanggal 25 Desember 1642 di Woolsthorpe, Lincolnshire. Ia merupakan seorang matematikawan, fisikawan, filsuf alam, ahli astronomi yang berasal dari Inggris. Ayahnya meninggal tiga bulan sebelum kelahiran Newton.

Biografi Sir Isaac Newton Pencetus Teori Gravitasi
en.wikipedia.org
Ayahnya bernama Isaac Newton dan ibunya bernama Hannah Ayscough. Saat Newton berusia 3 tahun, ibunya menikah kembali dan menitipkan Newton agar diasuh oleh neneknya yang bernama Margery Ayscough. Newton tidak suka dengan ayah tirinya dan menyimpan rasa benci terhadap ibunya karena menikah dengan pria tersebut.

Newton mulai mengenyam pendidikan saat berusia 12 tahun, bersekolah di King's School, Grantham, Lincolnshire, di sekolah tersebut ia menjadi salah satu siswa terbaik. ia dikeluarkan dari sekolah karena ibunya meminta agar Newton kembali bekerja sebagai petani. 

Dengan kepandaian seperti itu membuat pihak sekolah memberikan ia peluang kembali kepada Newton agar untuk menyelesaikan studi nya dengan meyakinkan ibunya dan keluarganya. Akhirnya ia dikirim kembali bersekolah oleh ibunya sehingga ia dapat menamatkan pendidikannya. Pada usia 18 tahun ia berhasil lulus dengan nilai yang memuaskan.

Pada Juni 1661, Newton diterima di Trinity College, Cambridge. Newton sangat menguasai pelajaran matematika, ilmu pengetahuan dan fisika. Pada tahun 1665, ia menemukan teorema binomial umum dan mulai mengembangkan teori matekatika yang pada akhirnya berkembang yang saat ini kita kenal, yaitu kalkulus. Ia suka membaca gagasan-gagasan filsuf modern seperti Descartes dan astronom seperti copernicus, Galileo, dan Kepler.


Newton sering melakukan penelitian-penelitian dirumahnya selama 2 tahun yang mendorongnya untuk mengembangkan teori kalkulus, optika, dan hukum Gravitasi. Ia lulus pada tahun 1665 dan tahun 1667, ia kembali ke Cambridge sebagai pengajar di Trinity. 

Pada tahun 1666. Saat siang hari Newton sedang membaca mengenai teori Copernicus, Galileo, dan Kepler mengenai orbit bumi di bawah sebuah pohon apel. Sebuah apel jatuh menimpanya. Saat itu juga ia mulai melakukan penelitian. Tujuh tahun ia baru menemukan jawabannya kemudian menarik kesimpulan bahwa bulan juga mempunyai daya tarik karena bulan tidak jatuh ke bumi sama seperti apel yang dikenai dengan gravitasi. 

Newton berasas dasar pemikiran Galileo, analitikal geometri dari Descartes dan hukum Kepler mengenai gerakan planet. Ketiga orang inilah yang membantunya dalam penelitian. Ia merumuskan tiga hukum yang mengatur semua gerakan dalam alam semesta dari galaksi di jagad raya sampai elektroin berputar mengelilingi nukleus. Ada tiga hukum Newton sebagai berikut :
  1. Hukum Newton I 
    setiap benda akan memiliki kecepatan yang konstan kecuali ada gaya yang resultannya tidak nol bekerja pada benda tersebut. Berarti jika resultan gaya nol, maka pusat massa dari suatu benda tetap diam, atau bergerak dengan kecepatan konstan (tidak mengalami percepatan).
  2. Hukum Newton II
    tentang hubungan antara gaya, massa dan percepatan, yaitu semakin besar gaya yang bekerja pada sebuah benda, maka semakin besar percepatannya, tapi semakin pejal benda semakin besar pelambatannya.
  3. Hukum Newton III
    tentang aksi dan reaksi, yaitu ketika suatu benda memberikan gaya pada benda kedua, benda kedua juga melepaskan gaya yang sama, namun berlawanan arah dengan gaya benda pertama.
Selain ilmu mengenai alam semesta, Newton juga melakukan penelitian mengenai cahaya. Pada tahun 1672 Newton diterima sebagai anggota Royal Society, sebuah kelompok ilmuwan yang mengabdikan diri kepada metode eksperimental (bersangkutan dengan hal percobaan). Ia menyumbangkan salah satu teleskopnya bersaa penelitiannya mengenai cahaya. Newton mengembangkn teleskop buatan Galileo yang disebut dengan teleskop refleksi.

Pada tahun 1696, Newton diangkat sebagai Pelindung Mata Uang oleh pemerintah. Tugasnya untuk mengawasi penggantian mata uang Inggris yang telah tua dan rusak dengan mata uang baru yang lebih tahan lama tidak hanya itu, ia juga bertanggung jawab dalam hal membongkar jaringan pemalsu uang.

Royal Society membentuk sebuah kelompok kecil, yang dipimpin oleh Robert Hooke untuk menilai temuan-temuan baru salah satunya juga untuk meneliti temuan dari Newton. Hooke mempunyai gagasan sendiri mengenai cahaya sebab itu ia tidak mau untuk menerima temuan Newton. Karena hal tersebut mereka berdua bersitegang.

Pada tahun 1703, Newton dianugerahi gelar Sir dan ia juga terpilih sebagai persiden Royal Society. Ia menerbitkan karya pertamanya mengenai cahaya. Buku optik meliputi warna cahaya, pemantulan, dan spektru cahaya. Temuannya mengenai optik diakui secara resmi oleh pada tahun 1705 ketika ia juga menjadi orang pertama yang dianugerahi gelar kebangsawanan karena prestasinya dalam bidang ilmu pengetahuan.

Prestasi Ilmiah Newton

  • Optik
    Newton membuat kemajuan besar dalam studi tentang optik. Secara khusus ia mengembangkan spektrum dengan memisahkan cahaya putih melalui prisma.
  • Teleskop
    Terbuat perbaikan yang signifikan untuk pengembangan teleskop. Namun, ketika ide-idenya dikritik oleh Hooke, Newton mengundurkan diri dari debat publik. Ia mengembangkan sikap antagonis dan bermusuhan dengan Hooke, sepanjang hidupnya.
  • Mekanik dan Gravitasi
    Dalam bukunya yang terkenal Principa Mathematica. Newton menjelaskan tiga hukum gerak yang meletakkan kerangka kerja untuk fisika modern. Ini melibatkan menjelaskan gerakan planet.
Pada tahun 1727, Newton meninggal dunia dalam usia 84 tahun. Ia mendapat kehormatan dimakamkan di Westminster Abbey sebuah makam bagi keluarga raja, orang terkenal, pahlawan, dan ilmuwan. Untuk mengenang dedikasinya dalam ilmu pengetahuan dibuatlah mata uang bergambar Newton.

Artikel Biografi Tokoh Dunia Lengkap Lainnya :

1 komentar:

  1. Informasi biografi di atas ini kami sadur dari berbagai sumber, jika ada kesalahan atas informasi yang kami sampaikan di atas, kami berharap agar Anda membetulkannya melalui kotak komentar atau bisa menghubungi kami melalui e-mail kami, terima kasih.

    BalasHapus

Hai, para pengunjung/pembaca situs biografipedia. Mengenai konten biografi yang Anda baca di atas merupakan hasil dari pengumpulan beberapa informasi mengenai tokoh yang bersangkutan. Kami berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan informasi seakurat mungkin, namun jika ada kesalahan mengenai informasi yang disampaikan di atas kami memohon maaf.

Berkomentarlah sesuai dengan topik yang sedang dibahas. Komentar dengan perkataan yang buruk atau tidak layak untuk dilihat, spam, link hidup akan kami hapus demi kenyamanan. Terima kasih.

Copyright © 2015-2016 Biografi Tokoh Dunia Lengkap