Biografi Mahatma Gandhi Tokoh India

Artikel terkait : Biografi Mahatma Gandhi Tokoh India

Mahatma Gandhi adalah salah satu seorang yang paling berpengaruh dalam porses Gerakan Kemerdekaan India. Ia bersama rakyat India berjuang untuk dapat bebas dari penjajahan Inggris. 

Mahatma Gandhi lahir pada tanggal 2 Oktober 1869 di Porbandar, Gujarat, India. Mahatma hanya sebuah gelar yang diberikan untuk Gandhi, yang merupakan sebuah kata dalam bahasa Sanskerta yang berasal dari dua kata, yaitu maha (besar) dan atma (jiwa), rumor orang yang memberikan gelar tersebut bernama Rabindranath Tagore. Gandhi mempunyai nama asli Mohandas Karamchand Gandhi.

Keluarganya memiliki hubungan dengan penguasa Kathiawad di India, beberapa dari anggota keluarga dari Mahatma Gandhi ada yang bekerja pada pemerintahan India pada saat itu. Pada tahun 1891, saat ia berusia 22 tahun, ia pergi ke London untuk melanjutkan sekolahnya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, ia mengambil Fakultas Hukum di University College, London.

Biografi Mahatma Gandhi Tokoh IndiaSetelah lulus dari University College, Gandhi mendirikan sebuah lembaga hukum di India, namun pada saat itu masyarakat di India tidak membutuhkan sebuah lembaga hukum, tetapi lebih membutuhkan sebuah kemerdakaan.

Mahatma Gandhi memutuskan untuk bekerja sebagai penasihat hukum di sebuah perusahaan India yang berada di Afrika Selatan. Di sana, ia mengalami diskriminasi ras yang dinamakan apartheid. Karena hal ini yang membuatnya untuk menjadi seorang aktivis politik agar dapat mengubah hukum-hukum yang diskriminatif tersebut. Ia pun membentuk sebuah gerakan tanpa kekerasan yang lebih mementingkan kepentingan bersama dan damai. 

Mahatma Gandhi mulai melancarkan berbagai tindakan atas ketidak setujuannya terhadap tindak diskriminasi. Saat Perang Boer berlangsung di Afrika, ia bertugas sebagai tim penyelamat. Ia mendirikan tenda khusus bagi perawatan kesehatan untuk korban perang yang terjadi saat itu. Setelah Perang Boer usai dan usahanya untuk merubah hukum-hukum yang diskriminatif selesai, ia kembali ke India.

Di India, Gandhi menjadi pemimpin dari perjuangan rakyat dalam proses untuk kemerdekaan India dari jajahan Inggris. Hal ini memberikan inspirasi bagi rakyat yang pada saat itu masih dijajah agar berjuang untuk mendapatkan hak kemerdekaannya.

Baca juga tokoh yang menentang adanya diskriminatif, yaitu Biografi Nelson Mandela.

Dalam proses menggapai kemerdekaan tersebut tidak dibeda-bedakan dari rakyat yang memiliki agama dan suku yang berbeda yang hidup di India pada saat itu saling bersatu untuk membantu satu sama lain demi kepentingan bersama, yaitu menggapai sebuah kemerdekaan.

Mahatma Gandhi bersama rakyat India melancarkan gerakan perlawan tanpa kekerasan pada pihak Inggris. Gerakan ini memberikan inspirasi bagi rakyat India, sehingga tahun 1919, gerakan tersebut mendapat dukungan dari hampir seluruh masyarakat India. Dalam gerakan yang ia lakukan, ia memperkenalkan istilah Satyagraha yang mempunyai arti "kebenaran dan keteguhan" yang ia sampaikan pada rakyat India. 

Pada tahun 1947 perjuangan yang dilakukan rakyat India membuahkan hasil, akhirnya pada tahun tersebut India berhasil merdeka. Namun banyak yang ingin agar para pemeluk agama Hindu dan Islam untuk mempunyai negara sendri. Setelah India merdeka pecah menjadi dua negara, yaitu India dan Pakistan.


Pada 30 Januari 1948, saat Gandhi berada di New Delhi ada seorang fanatik dari agama Hindu yang membunuhnya dengan senjata karena Gandhi yang beragama Hindu saat itu dinilai memihak pada agama Islam. Gandhi adalah seorang yang tidak membeda-bedakan agama.

Selain tokoh perjuangan yang dikenal sebagai anti kekerasan, keadilan dan perdamaian di tingkat dunia, di Indonesia ajaran Gandhi juga berpengaruh salah satunya yang dialami oleh Ibu Gedong Bagoes Oka yang menemukan inspirasi atas semua ajaran yang diberikan oleh Gandhi. Ia mendirikan Ashram Gandhi di Candi Dasa, Bali sebagai pusat pendidikan dan pengalaman ajaran-ajaran Gandhi tersebut.

Mahatma Gandhi tidak pernah menerima Penghargaan Perdamaian Nobel. Kisah hidup Mahatma Gandhi telah banyak ituangkan ke dalam film, teater, dan sastra. Ben Kingsley yang memerankan Gandhi dalam film tahun 1982,  memenangkan Academy Award untuk Aktor Terbaik. 

The Making of the Mahatma yang dirilis pada tahun 1996 mendokumentasikan kehidupan Gandhi di Afrika Selatan. Gandhi juga merupakan tema sentral dalam film Bollywood tahun 2006 Lage Raho Munna Bhai. Pada tahun 2007, sebuah film berjudul Gandhi, My Father menceritakan hubungan antara Gandhi dengan putranya Harilal. Karya Mahatma Gandhi tidak terlupakan oleh generasi berikutnya.

Artikel Biografi Tokoh Dunia Lengkap Lainnya :

2 komentar:

  1. Informasi biografi di atas kami sadur dari berbagai sumber, jika ada kesalahan atas informasi yang kami sampaikan di atas, kami berharap Anda bisa membetulkannya melalui kotak komentar atau bisa menghubungi kami melalui e-mail kami, terima kasih.

    BalasHapus
  2. boleh minta informasi pengarang?

    BalasHapus

Hai, para pengunjung/pembaca situs biografipedia. Mengenai konten biografi yang Anda baca di atas merupakan hasil dari pengumpulan beberapa informasi mengenai tokoh yang bersangkutan. Kami berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan informasi seakurat mungkin, namun jika ada kesalahan mengenai informasi yang disampaikan di atas kami memohon maaf.

Berkomentarlah sesuai dengan topik yang sedang dibahas. Komentar dengan perkataan yang buruk atau tidak layak untuk dilihat, spam, link hidup akan kami hapus demi kenyamanan. Terima kasih.

Copyright © 2015-2016 Biografi Tokoh Dunia Lengkap