Biografi Tokoh Dunia Lengkap

Biografi Pedia memberikan informasi seputar Biografi tokoh dunia dan biodata lengkap yang berasal dari sumber yang terpercaya.

Sabtu, 24 Februari 2018

Biografi Sandiaga Uno Pengusaha Pendiri PT Saratoga Investama Sedaya

Sandiaga Uno salah satu pengusaha terkaya yang ada di Indonesia yang juga menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta. Termasuk dalam jajaran orang terkaya di Indonesia.

Sebenarnya siapa sih Sandiaga Uno, mari kita bersama melihat sedikit profilnya dibawah ini.

Sandiaga Uno lahir pada tanggal 28 Juni 1969 di Rumbai, Pekanbaru. Beliau memiliki darah keturunan dari Gorontalo, yang bisa kita lihat dari nama belakang beliau, yaitu uno.

Uno merupakan salah satu nama marga atau keluarga dari daerah Gorontalo yang menurut informasi yang kami baca bahwa marga uno itu berasal dari salah satu keturunan Sultan Botutihe yang bernama Unonongo.

Sandiaga Uno dan Keluarga

Namanya mengandung marga dari Gorontalo berasal dari ayahnya yang berasal dari Gorontalo yang bernama Razif Halik Uno dan Ibunya yang bernama Mein R. Uno.

Ayahnya merupakan karyawan pada perusahaan Caltex yang terletak di Riau. Kemudian bersama dengan keluarganya pindah ke Jakarta pada tahun 1970-an.

Sandiaga Uno merupakan sosok yang cerdas, ini bisa dilihat dari riwayat pendidikan beliau yang sangat luar biasa hasil pencapaian yang diraih oleh Sandiaga. Mengawali sekolahnya di Indonesia mulai dari SD, SMP, dan SMA. Akhirnya beliau memutuskan untuk kuliah di luar negeri tepatnya di Kansas, Amerika Serikat.


biografi sandiaga uno

Sandiaga Uno berkuliah di Wichita State University dengan pencapaian yang baik dengan berhasil lulus predikat Summa Cum Laude di sana.

Setelah lulus dari Wichita State University dengan penuh kebanggaan, Sandiaga mengawali kariernya dengan bekerja di Bank Summa pada tahun 1990.

Berselang 1 tahun, Sandiaga Uno mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikannya di George Washington University, Amerika Serikat. Dan kembali beliau berhasil lulus dengan membanggkan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 4,00.

Pada tahun 1993, Sandiaga melanjutkan kariernya bergabung dengan Seapower Asia Investment Limited di Singapura sebagai Manager Investasi sekaligus MP Holding Group.

Karier Sandiaga Uno sebagai Pengusaha

Menjadi seorang pengusaha besar seperti yang kita kenal saat ini merupakan cerita yang panjang dari Sandiaga Uno.

Cerita itu berawal sejak beliau dipecat dari perusahaan tempat Sandiaga bekerja.

Pada tahun 1995, Sandiaga bekerja di NTI Resources Ltd di Kanda dengan menjabat sebagai Executive Vice President NTI Resources Ltd. Namun, pada saat tahun 1997 terjadi krisis moneter yang menyebabkan perusahaan tempatnya bekerja menjadi bangkrut sehingga terpaksa Sandiaga tidak bisa melanjutkan pekerjaannya.

Sandiaga Uno kembali ke Indonesia dengan label seseorang tanpa sebuah pekerjaan, namun hal ini membuat cara pandang Sandi berubah yang awalnya sebagai karyawan menjadi seorang pengusaha.

Pada tahun 1997, bersama dengan teman SMAnya yang bernama Rosan Perkasa Roeslani, Sandiaga mendirikan sebuah perusahaan dibidang keuangan yang bernama PT Recapital Advisors.

Berselang 1 tahun, kemudian Sandiaga bersama Edwin Soeryadjaya mendirikan sebuah perusahaan investasi yang bernama PT Saratoga Investama Sedaya.

Sandiaga Uno memiliki relasi (network) yang sangat baik dengan lembaga keuangan dalam maupun luar negeri membuat perusahaan yang ia kelola berkembang pesat.

PT Saratoga Investama Sedaya sebagai investor berfungsi sebagai menghimpun modal investor untuk mengakuisis perusahaan-perusahaan yang mengalami masalah keuangan. 


Membeli sebuah perusahaan yang sedang mengalami krisis kemudian dibenahi dan dikembangkan dengan baik, setelah kembali membaik, aset perusahaan tersebut dijual kembali dengan nilai yang lebih tinggi dari harga beli.

Pada tahun 2005-2008, Sandiaga Uno menjadi Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI). Dan juga menjadi Ketua Komite Tetap Bidang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) tahun 2004.

Sandiaga Uno tercatat sebagai orang terkaya urutan ke-29 di Indonesia menurut Majalah Forbes. Pada tahun 2011, Majalah Forbes kembali merilis daftar orang terkaya di Indonesia, dan Sandi menduduki posisi ke-37 di Indonesia.

Sandiaga Uno Memasuki Dunia Politik

Selain dikenal sebagai pengusaha yang besar, Sandiaga juga memasuki dunia politik, yang ia awali sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Fokus pada dunia politik membuat Sandiaga Uno melepas beberapa jabatannya di beberapa perusahaan-perusahaan besar yang ia pimpin.

Tahun 2013 pada acara Musyawarah Nasional (Munas) Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) yang diadakan di Bogor, Jawa Barat, Sandiaga yang turut serta menghadiri acara tersebut terpilih untuk menjadi Ketua Umum PRSI.


Pada tahun 2017, Anies Baswedan bersama dengan Sandiaga Uno mencalonkan diri sebagai Calon Ketua dan Wakil Ketua Gubernur DKI Jakarta yang pada akhirnya beliau memenangkan pemilihan umum Gubernur DKI Jakarta 2017 dan memulai masa jabatannya pada bulan Oktober 2017.

Sebuah karier yang bagus dan baik dari Sandiaga Uno tidak bisa didapatkan hanya begitu saja tanpa perjuangan.

Beberapa hal yang menjadi prinsip dalam hidupnya dan juga soal masa depan yaitu, bahwa keberanian dan optimisme dalam memandang masa depan menjadi kunci pembuka jalan untuk meraih kesuksesan.

Selain itu, jaringan relasi (network) juga menjadi bagian penting yang menyumbang 30% dari kesuksesan. Namun, unsur kesuksesan itu selebihnya bersumber dari kerja keras dan menjaga sebuah kepercayaan.

Sandi Uno juga menyatakan bahwa hidup itu harus memiliki target karena tanpa sebuah target, pencapaian yang ingin diraih akan sulit untuk terwujud.
Informasi Sandiaga Uno di atas kami sadur dari berbagai sumber yang ada di Internet, jika ada kesalahan atau kekurangan dari informasi di atas, kami meminta maaf dan kamu juga bisa membetulkannya melalui kolom komentar atau melalui email kami, terima kasih.
Author Profile

About Biografi Pedia

Halo, salam kenal. Saya selaku pengurus blog ini, semoga artikel di atas dapat membantumu, terima kasih sudah berkunjung.

0 Komentar Biografi Sandiaga Uno Pengusaha Pendiri PT Saratoga Investama Sedaya

Posting Komentar

Hai, para pengunjung/pembaca situs biografipedia. Mengenai konten biografi yang Anda baca di atas merupakan hasil dari pengumpulan beberapa informasi mengenai tokoh yang bersangkutan. Kami berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan informasi seakurat mungkin, namun jika ada kesalahan mengenai informasi yang disampaikan di atas kami memohon maaf.

Berkomentarlah sesuai dengan topik yang sedang dibahas. Komentar dengan perkataan yang buruk atau tidak layak untuk dilihat, spam, link hidup akan kami hapus demi kenyamanan. Terima kasih.

Back To Top