Biografi Tokoh Dunia Lengkap

Biografi Pedia memberikan informasi seputar Biografi tokoh dunia dan biodata lengkap yang berasal dari sumber yang terpercaya.

Minggu, 29 Juli 2018

Biografi Baden-Powell Bapak Kepanduan Dunia

Badan-Powell, dunia mencatat bahwa beliau adalah pendiri gerakan kepanduan untuk pertama kalinya dalam kehidupan di dunia ini. Pramuka yang kita kenal sekarang ini itu terinspirasi dari gerakan kepanduan yang dibuat oleh beliau.

Apakah kalian tahu, apa itu kepanduan ?

Kepanduan itu merupakan gerakan pandu, sedangkan pandu itu sendiri, yaitu anggota perkumpulan para pemuda yang menggunakan seragam khusus. 

Gerakan kepanduan itu memiliki tujuan untuk mendidik anggotanya untuk menjadi orang yang memiliki jiwa kesatria, gagah berani, dan suka menolong sesama makhluk.

Terus hubungan kepanduan dengan pramuka yang ada di Indonesia apa ya ?

Nah di Indonesia itu sendiri memiliki beberapa pandu antara lain Hizbul Wathan (HW), Nationale Padvinderij, Syarikat Islam Afdeling Pandu (SIAP), Nationale Islamietishe Padvinderij (NATIPIJ) dan Indonesisch Nationale Padvinders Organisatie (INPO).

biografi baden-powell

Nah ada banyak kan ?

Tepat pada tahun 1961 berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 238 tahun 1961, semua pandu-pandu yang disebutkan diatas melebur jadi satu dengan nama Pramuka (Praja Muda Karana) yang memiliki arti "Jiwa Muda yang Suka Berkarya."

Robert Stephenson Smyth Powell atau yang kita kenal dengan nama Baden-Powell lahir pada tanggal 22 Februari 1857 di Paddington, London (butuh rujukan yang pasti).

Ayahnya itu seorang pendeta sekaligus seorang dosen yang mengajar geometri di Universitas Oxford, yang bernama Baden-Powell, sedangkan ibunya bernama Henrietta Grace Smyth Ayahnya meninggal ketika Stephe berusia tiga tahun.


Selepas kematian ayahnya, Stephe diasuh oleh ibunya. Stephe sendiri berkata mengenai ibunya bahwa "Rahasia keberhasilan saya adalah ibu saya."

Stephe sendiri bersekolah di Rose Hill School, Tunbridge Wells, Dia juga mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan sekolah di Charterhouse.

Dimulai dari kalimat ini, kami menyebut Stephe dengan nama Baden Powell ya.

Karier Baden-Powell di Dunia Ketentaraan

Tahun 1876, Baden-Powell bergabung dengan Hussars ke-13 di India. Pada tahun 1895 dia pergi ke Afrika untuk tugas dinas kemudian kembali lagi ke India selesai menyelesaikan tugasnya. 

Tepat pada tahun 1896, Baden-Powell ditugaskan ke Matabele di Rhodesia Selatan (Zimbabwe) sebagai Kepala Staf selama Perang Matabele Kedua.

Di Matabele inilah, Badan-Powell bertemu dengan seseorang yang akhirnya menjadi sahabatnya, yaitu Frederick Russel Burnham, seorang tentara yang menjabat sebagai Kepala Pasukan Pengintai Inggris.

Tidak hanya itu, di Matabele inilah Baden-Powell banyak menemukan inspirasi untuk membuat sistem pendidikan kepanduan. Dia menyadari bahwa kondisi peperangan dan alam di Afrika itu berbeda dengan Inggris.

Menyadari hal itu, Badan-Powell bersama dengan sahabatnya merencanakan program pelatihan bagi pasukan tentara Inggris agar mampu untuk beradaptasi.

Program latihan tersebut diberikan untuk anak-anak muda, yang di mana latihan tersebut berguna untuk meningkatkan kepercayaan diri bagi para pemuda-pemuda tersebut.

Tiga tahun berselang selama Perang Boer II. Badan-Powell ditempatkan di kota kecil yang bernama Mafeking, di sana terdapat sebuah kelompok yang bernama The Mafeking Cadet Corps.

The Mafeking Cadet Corps itu merupakan sekelompok anak muda yang bertugas membawakan pesan untuk pasukan lain, kelompok ini tidak berpengalaman dalam berperang, namun mereka berhasil mempertahankan kota dari lawan.

Kejadian hal tersebut yang menjadi salah satu faktor yang membantu Baden-Powell dalam membuat materi kepanduan.


Badan-Powell kembali ke Inggris dengan mendapati buku dia tulis yang berjudul Aids to Scouting telah menjadi buku terlaris yang sudah digunakan oleh para guru dan organisasi muda.

Beliau juga menulis buku yang berjudul Scouting for Boys yang diterbitkan pada tahun 1908 dalam 6 jilid.

Para anak-anak remaja membentuk Scout Troops beserta juga gerakan pramuka. Gerakan pramuka berkembang seiring dengan Boy's Brigade.

Baden-Powell memutuskan untuk berhenti dari tentara pada tahun 1910 dengan pangkat Letnan Jendral. Beliau kemudian melayani negaranya dengan memajukan gerakan pramuka.

Tepat pada tahun 1912, Badan-Powell bertemu dengan seorang perempuan yang bernama Olave Soames yang kemudia menjadi istrinya. Mereka bertemu di atas kapal dalam perjalanan ke New York untuk memulai Lawatan Pramuka Dunia.

Mereka berdua melangsungkan pernikahan pada tanggal 30 Oktober 1912, dengan memiliki tiga orang anak yang bernama Arthur Robert Peter, Heather Grace, dan Betty.

Gerakan pramuka berkembang begitu pesat, bahkan pada tahun 1922 terdapat lebih dari sejuta pramuka di 32 negara.

Royal Academy of Sweden memberikan penganugerahan kepada Baden-Powell dan semua gerakan pramuka hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 1939.

Badan-Powell mulai mengalami beberapa masalah dengan kesehatannya yang membuatnya pindah ke Kenya. Kemudian pada tanggal 8 Januari 1941, beliau meninggal dan dimakamkan di Kenya dekat dengan Gunung Kenya.

Karya Buku Kepanduan oleh Baden-Powell

Semasa hidupnya selain dikenal sebagai tentara, Baden-Powell juga sangat suka dalam menulis buku, apalagi buku yang membahas mengenai kepanduan, berikut ini beberapa buku yang sudah ditulis oleh Baden-Powell semasa hidupnya.
  1. Scouting for Boys - Tahun 1908
  2. Yarns for Boy Scouts - Tahun 1909
  3. The Handbook for the Girl Guides or How Girls Can Help to Build Up the Empire - Tahun 1912
  4. Boy Scouts Beyond The Sea: My World Tour - Tahun 1913
  5. The Wolf Cub's Handbook - Tahun 1916
  6. Girl Guiding - Tahun 1918
  7. Aids to Scoutmastership - Tahun 1919
  8. What Souts Can Do: More Yarns - Tahun 1921
  9. Rovering to Succes - Tahun 1922
  10. Scouting and Youth Movements - Tahun 1929
  11. Scouting Round the World - Tahun 1935
Seperti dengan orang-orang yang telah memiliki jasa dalam peradaban ini, maka Badan-Powell layak untuk terus dihormati dan juga terus dikenang jasa-jasa nya bagi peradaban sekarang ini karena beliau lah pramuka di Indonesia ada.
Informasi di atas kami sadur dari berbagai sumber yang ada di Internet, jika ada kesalahan atau kekurangan dari informasi di atas, kami meminta maaf dan kamu juga bisa membetulkannya melalui kolom komentar atau melalui email kami, terima kasih.
Author Profile

About Biografi Pedia

Halo, salam kenal. Saya selaku pengurus blog ini, semoga artikel di atas dapat membantumu, terima kasih sudah berkunjung.

0 Komentar Biografi Baden-Powell Bapak Kepanduan Dunia

Posting Komentar

Hai, para pengunjung/pembaca situs biografipedia. Mengenai konten biografi yang Anda baca di atas merupakan hasil dari pengumpulan beberapa informasi mengenai tokoh yang bersangkutan. Kami berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan informasi seakurat mungkin, namun jika ada kesalahan mengenai informasi yang disampaikan di atas kami memohon maaf.

Berkomentarlah sesuai dengan topik yang sedang dibahas. Komentar dengan perkataan yang buruk atau tidak layak untuk dilihat, spam, link hidup akan kami hapus demi kenyamanan. Terima kasih.

Back To Top