Biografi Tokoh Dunia Lengkap

Biografi Pedia memberikan informasi seputar Biografi tokoh dunia dan biodata lengkap yang berasal dari sumber yang terpercaya.

Rabu, 01 Agustus 2018

Biografi Sule Seorang Komedian Kocak Indonesia

Sule salah satu pelawak sukses di Indonesia yang memiliki perjalanan yang panjang dari bawah hingga dia menjadi seperti sekarang ini. 

Kesuksesan Sule di dunia hiburan tidak diraihnya dengan mudah, dia berusaha semaksimal mungkin sampai bisa menjadi pelawak seperti yang kita kenal sekarang ini.

Sule lahir pada tanggal 15 November 1976 di Bandung, Jawa Barat. Orang tua Sule itu pedagang bakso di Cimahi, terkadang di malam hari saat masih kecil, Sule sering berjualan jagung rebus untuk membantu orang tuanya.

Sejak kecil, Sule suka menyanyi, dia juga sering tampil menari di panggung saat memperingati hari kemerdekaan negara Indonesia, yaitu 17 Agustus.

Melihat bakat tersebut, orang tua Sule mendaftarkan dirinya ke Sanggar Kandaga untuk belajar menari dengan baik.

biografi sule komedian


Nama Sule mulai dikenal setelah memenangi API 1 bersama Ogi Suwarna dan Obin Wahyudin dalam grup lawak SOS.

API itu merupakan salah satu acara televisi yang disiarkan oleh stasiun televisi lokal TPI. Sebuah acara lomba lawak yang diikuti oleh grup-grup lawak.

SOS itu grup lawak asal Indonesia yang berhasil menjuarai ajang Audisi Pelawak Indonesia (API) yang diselenggarakan oleh TPI pada tahun 2004.


Setelah menjuarai API, SOS membuat suatu program yang bernama Saung SOS. Nama SOS sendiri diambil dari nama-nama anggotanya, yaitu Suwarna (Oni), Oding (Ogi), dan Sutisna (Sule).

Pada tahun 2005, Sule mengikuti acara Superstar Show sebuah kontes bernyanyi secara berpasangan yang pada akhirnya Sule berhasil memenangkan kompetisi tersebut yang berduet dengan Jaja.

Setelah itu Sule mulai tampil di televisi dari menjadi seorang presenter, bintang tamu talkshow maupun menjadi pelawak.

Karier Sule semakin meningkat setelah perannya dalam acara Opera Van Java yang disiarkan oleh Trans 7. Para pemainnya yaitu Sule, Andre Taulany, Parto Patrio, Nunung, dan Azis Gagap.

Opera Van Java atau yang disingkat OVJ itu sebuah acara komedi dengan ide acarnya pertunjukan wayang orang versi modern.

Selain menjadi bagian dari OVJ, Sule juga menjadi pemain di serial televisi yang berjudul Awas Ada Sule yang disiarkan oleh Global TV pada tahun 2009.

Setelah 5 tahun bersama Opera Van Java, tepat pada tahun 2014, Sule mengundurkan diri dari acara yang sudah membesarkan namanya tersebut.

Setelah memutuskan berhenti dari Opera Van Java, Sule menjadi pembawa acara di Ini Talkshow bersama Andre Taulany yang disiarkan oleh NET TV.

Sinetron Televisi

Beberapa kali, Sule menjadi pemain sinetron yang disiarkan oleh stasiun televisi lokal antara lain.
  1. Awas Ada Sule
  2. Awas Ada Sule 2
  3. Untung Ada Sule
  4. Oesman 77

Film yang Dibintangi oleh Sule

Selain bermain sinetron, Sule juga pernah menjadi pemain dalam sebuah film antara lain.
  1. Janda Kembang - Tahun 2009
  2. Arwah Kuntilanak Duyung - Tahn 2011
  3. Sule, Ay Need You - Tahun 2012
  4. Sule Detektif Tokek - Tahun 2013
  5. Hongking Kasarung - Tahun 2018

Pada tahun 1997, Sule menikah dengan Lina dan mereka memiliki empat orang anak yang bernama, Rizky Febian, Rizwan, Ferdinand, Putry Delina Andriany Sutisna, yang dimana Rizky Febian mengikuti jejak ayahnya untuk terjun di dunia hiburan.
Informasi di atas kami sadur dari berbagai sumber yang ada di Internet, jika ada kesalahan atau kekurangan dari informasi di atas, kami meminta maaf dan kamu juga bisa membetulkannya melalui kolom komentar atau melalui email kami, terima kasih.
Author Profile

About Biografi Pedia

Halo, salam kenal. Saya selaku pengurus blog ini, semoga artikel di atas dapat membantumu, terima kasih sudah berkunjung.

0 Komentar Biografi Sule Seorang Komedian Kocak Indonesia

Posting Komentar

Hai, para pengunjung/pembaca situs biografipedia. Mengenai konten biografi yang Anda baca di atas merupakan hasil dari pengumpulan beberapa informasi mengenai tokoh yang bersangkutan. Kami berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan informasi seakurat mungkin, namun jika ada kesalahan mengenai informasi yang disampaikan di atas kami memohon maaf.

Berkomentarlah sesuai dengan topik yang sedang dibahas. Komentar dengan perkataan yang buruk atau tidak layak untuk dilihat, spam, link hidup akan kami hapus demi kenyamanan. Terima kasih.

Back To Top