Biografi Tokoh Dunia Lengkap

Biografi Pedia memberikan informasi seputar Biografi tokoh dunia dan biodata lengkap yang berasal dari sumber yang terpercaya.

Sabtu, 27 Oktober 2018

Biografi Ridwan Kamil Putra Jawa Barat

Ridwan Kamil salah satu sosok politikus yang sudah tidak asing lagi namanya di telinga kita. Beliau merupakan Gubernur dari Provinsi Jawa Barat yang telah diangkat sejak tanggal 5 September 2018.

Nama Ridwan Kamil mulai populer disaat dia menjabat sebagai Walikota di Kota Bandung, kinerja dan prestasinya yang sangat baik ketika menjadi Walikota Bandung membuat masyarakat di Indonesia mulai mengenalnya.

Apalagi, Ridwan Kamil ini cukup populer di salah satu sosial media yang lagi booming akhir-akhir ini, yaitu Instagram. 

Beliau cukup aktif di Instagram, akun beliau sering memuat konten-konten yang baik dan juga terkadang beliau membuat lelucon pada konten-kontennya yang membuat masyarakat yang mengikutinya merasa nyaman dengan konten tersebut.

biografi ridwan kamil


Ridwan Kamil atau yang akrab dipanggil Kang Emil lahir pada tanggal 4 Oktober 1971 di Bandung, Jawa Barat. Dia itu anak kedua dari lima saudara yang lahir dari pasangan Athe Misbach Muhjiddin dan Tjutju Sukaesih.

Riwayat Pendidikan Ridwan Kamil

Perjalanan pendidikan Ridwan Kamil sangatlah memuaskan, menurut saya, beliau merupakan seorang pelajar yang pintar. 
Baca juga biografi ini biografi Chairul Tanjung Si Anak Singkong.
Dari SD hingga beliau menyandang gelar sarjana, semuanya dihabiskan di Kota Bandung. Ridwan Kamil mengawali sekolahnya pada tahun 1978 di SDN Banjarsari III Bandung yang lulus pada tahun 1984. Dan tahun 1984, masuk di SMP Negeri 2 Bandung lalu lulus ditahun 1987.

Selepas SMP, Ridwan melanjutkan ke SMA Negeri 3 Bandung dalam interval tahun 1987-1990, lalu lanjut mengambil jurusan Teknik Arsitektur di Institut Teknologi Bandung dalam interval tahun 1990-1995.

Semasa kuliah, Ridwan Kamil begitu aktif dalam mengikuti kegiatan didalam kampus salah satunya adalah unit kegiatan seni. Tidak hanya itu, Ridwan Kamil juga bersemangat dalam wirausaha untuk mencari dana tambahan untuk biaya kuliahnya.

Setelah lulus kuliah dari ITB ditahun 1995, tepat pada tahun 1996, Ridwan Kamil menikah dengan seorang perempuan yang dicintainya bernama Atalia Praratya Kamil.

Selepas lulus kuliah dan menikah, saat itu Indonesia sedang dalam masalah krisis moneter yang membuat Ridwan Kamil memilih untuk bekerja di Amerika Serikat.

Ridwan Kamil juga memutuskan untuk berkuliah lagi mengambil S2 di Universitas California, Barkeley.

Setelah lulus S2, Ridwan bekerja sebagai arsitek di berbagai firma yang ada di Amerika Serikat untuk mencukupi kehidupan keluarganya sehari-hari.

Kehidupannya di Amerika juga tidaklah terlalu baik, bahkan disaat istrinya hamil anak pertama mereka, Ridwan Kamil memutuskan untuk membawa istrinya di sebuah rumah sakit yang dikhususkan untuk orang miskin.

Pulang ke Indonesia dan Mendirikan Urbane

Pada tahun 2002, Ridwan Kamil beserta dengan istrinya pulang kembali ke Indonesia dengan penuh harap membangun karier yang lebih baik di Indonesia.

Berselang 2 tahun, Ridwan Kamil mendirikan sebuah perusahaan yang dia beri nama Urbane, perusahaan yang bergerak dibidang jasa konsultan, arsitektur, dan desain.

Di Urbane sendiri dibangun oleh orang-orang muda kreatif dan berpikir idealis untuk menciptakan atau mencari solusi mengenai permasalahan desain dalam lingkungan dan perkotaan.
Baca juga ini yah biografi Tito Karnavian Kepala Polisi Republik Indonesia.
Urabane banyak sekali menerima penghargaan dari media internasional seperti BCI Asia Awards pada tahun 2008-2010 dan juga BCI Green Award ditahun 2009. Tidak hanya dapat penghargaan saja yah, Urbane juga sering mengikuti kompetisi di bidang desain arsitektur tingkat nasional.

Banyak sekali prestasi yang diraih oleh Urbane ketika mengikuti kompetisi ditingkat nasional antara lain :
  1. Juara 1 Kompetisi Museum Tsunami di Nangro Aceh Darussalam (2007),
  2. Juara 1 Kompetisi Desain Kampus Universitas Tarumanegara (2007),
  3. Juara 1 Kompetisi Desain Fakultas Ilmu Budaya di Universitas Indonesi (2009),
  4. Juara 1 Kompetisi Desain Sanggar Nagari di Kota Baru Parahyangan di Kabupaten Bandung Barat,
  5. Juara 1 Kompetisi Desain Pusat Seni dan Sekolah Seni di Universitas Indonesia (2009).

Terjun dalam Dunia Politik

Pada tahun 2013, Ridwan Kamil dicalonkan oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Gerakan Indonesia Raya untuk dicalonkan sebagai Walikota Bandung didampingi oleh Oded Muhammad Danial sebagai wakil ketua.

Dalam proses pilkada, Ridwan Kamil unggul dari pesaingnya dan akhirnya diangkat sebagai Walikota Bandung ditahun 2013.

Selama menjabat sebagai Walikota Bandung, Ridwan Kamil membawa perubahan kearah yang lebih baik untuk Kota Bandung.

Kemajuan yang dia buat untuk Kota Bandung membuatnya terpilih menjadi salah satu walikota terbaik di Indonesia.

Kemajuan yang dialami Kota Bandung ketika dipimpin oleh Ridwan Kamil membuat dirinya dicalonkan kembali oleh Partai Hanura, Partai Nasdem, PPP, dan PKB sebagai calon Gubernur Jawa Barat.

Ridwan Kamil maju sebagai calon Gubernur Jawa Barat ditemani oleh Uu Ruzhanul Ulum sebagai calon Wakil Gubernur Jawa Barat.

Hasilnya, Ridwan Kamil tepilih menjadi Gubernur Jawa Barat yang diangkat pada bulan September 2018.

Pernikahannya dengan Atalia Praratya Kamil menghasilkan dua orang anak yang bernama Emmiril Khan Mumtadz dan Camillia Laetitia Azzahra.

Author Profile

About Biografi Pedia

Halo, salam kenal. Saya selaku pengurus blog ini, semoga artikel di atas dapat membantumu, terima kasih sudah berkunjung.

0 Komentar Biografi Ridwan Kamil Putra Jawa Barat

Posting Komentar

Hai, para pengunjung/pembaca situs biografipedia. Mengenai konten biografi yang Anda baca di atas merupakan hasil dari pengumpulan beberapa informasi mengenai tokoh yang bersangkutan. Kami berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan informasi seakurat mungkin, namun jika ada kesalahan mengenai informasi yang disampaikan di atas kami memohon maaf.

Berkomentarlah sesuai dengan topik yang sedang dibahas. Komentar dengan perkataan yang buruk atau tidak layak untuk dilihat, spam, link hidup akan kami hapus demi kenyamanan. Terima kasih.

Back To Top