Biografi Tokoh Dunia Lengkap

Biografi Pedia memberikan informasi seputar Biografi tokoh dunia dan biodata lengkap yang berasal dari sumber yang terpercaya.

Jumat, 02 November 2018

Biografi Barack Obama Presiden Amerika Serikat

Barack Obama adalah orang pertama yang berketurunan Afrika yang berhasil menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat yang ke-44, tidak hanya itu.

Barack Obama juga merupakan Presiden Amerika Serikat pertama yang pernah tinggal di Indonesia.

Barack Obama berhasil terpilih pada pemilihan presiden di Amerika Serikat dan menggantikan masa jabatan presiden sebelumnya, yaitu George Walker Bush.

Barack Obama menjabat sebagai presiden di Amerika Serikat selama 2 periode, sebelum akhirnya masa jabatannya selesai dan digantikan perannya oleh Donald Trump.

Biodata Barack Obama

  1. Nama : Barack Hussein Obama II
  2. Tempat, Tanggal Lahir : Hawaii, Amerika Serikat, 4 Agustus 1961
  3. Orangtua : Barack Obama, Sr (Ayah) dan Ann Dunham (Ibu)
  4. Istri : Michelle Obama
  5. Anak : Malia Ann Obama, Natasha Obama

biografi barack obama

Biografi Barack Obama

Barack Obama lahir pada tanggal 4 Agustu 1961 di Hawaii, Amerika Serikat. Beliau merupakan mantan Presiden Amerika Serikat yang ke-44.

Kedua orangtunya bertemu saat menghadiri sebuah acara yang diadakan di University of Hawaii pada tahun 1960 kala itu. Dari pertemuan tersebut, akhirnya mereka berdua menikah pada tanggal 2 Februari 1961.

Ayahnya, Barack Obama Sr, berasal dari Kogelo, Kenya dan Ibunya, Ann Durham berasal dari Wichita, Kansas. Pernikahan orangtua Obama tidaklah berlangsung lama, orangtuanya memutuskan bercerai pada tahun 1964, dimana saat itu Obama masih kecil berumur 2 tahun.

Masa Kecil Tinggal di Indonesia

Selepas perceraian kedua orangtuanya, Obama yang dirawat sendiri oleh Ibunya.

Tidak lama kemudian, Ibunya menikah dengan seorang mahasiswa yang berasal dari Indonesia, yaitu Lolo Soetoro. Dari pernikahan tersebutlah, Obama menghabiskan masa kecilnya di Indonesia.

Obama sempah bersekolah lokal di Jakarta, sampai dia berumur 10 tahun.

Obama tidaklah lama tinggal di Indonesia, dia kembali ke Hawaii untuk tinggal bersama Kakek dan Neneknya yang ada di Hawaii.
Baca juga Gubernur Jawa Barat ini, biografi Ridwan Kamil Putra Jawa Barat.
Ditahun 1971, Obama menerima bantuan beasiswa untuk mempersiapkan perguruan tingga, yaitu Punahou School, yang dimulai dari kelas lima hingga lulus ditahun 1979.

Ditahun 1972, Ibunya juga akhirnya kembali ke Hawaii untuk menyusul Obama. Hanya berselang 5 tahun, Ibunya kembali lagi ke Indonesia untuk suatu pekerjaan.

Tahun 1977, Ann Dunham kembali lagi ke Indonesia untuk suatu pekerjaan di bidang antropologi. 

Pada tahun 1980, Ann Durham bercerai dengan Lolo. Tidak lama tinggal di Indonesia, beliau kemudian kembali lagi ke Hawaii pada tahun 1994. Dan akhirnya meninggal pada tahun 1995 karena penyakit kanker.

Perjalanan Pendidikan Obama

Setelah masa SMA berakhir, Obama memutuskan untuk menuntut ilmu di Occidental College pada tahun 1979 di Los Angeles.

Pada tahun 1981, Obama pernah berpidato di hadapan publik, dia meminta kepada Occidental untuk melakukan divestasi dari Afrika Selatan sebagai responnya kepada kebiajakan apartheid di sana.

Apartheid itu sebuah sistem pemisahan ras yang diterapkan oleh pemerintah kulit putih di Afrika Selatan.

Ditahun yang sama, yaitu 1981, Obama memutuskan untuk pindah ke Columbia University yang ada di Newyork City dan berhasil mendapatkan gelar dalam ilmu politik dengan gelar Bachelor of Arts tahun 1983.

Selepas kelulusannya dalam jenjang sarjana, Obama bekerja selama satu tahun di Business International Corporation kemudian di New York Public Interest Research Group.

Empat tahun tinggal di New York City, kemudian Obama pindah ke Chicago, di sana, dia bekerja sebagai Developing Communities Project (DCP) sebuah organisasi gereja yang berbasis masyarakat.
Baca juga biografi presiden ini, biografi Nelson Mandela Presiden Afrika Selatan.
Obama bekerja di sana selama tiga tahun, selama menjabat sebagai direksi DCP. Dia juga bekerja sebagai konsultan dan instruktur untuk sebuah lembaga masyarakat yang bernama Gamaliel Foundation.

Pada tahun 1988, Barack Obama masuk ke Sekolah Hukum Harvard. Tahun pertama kuliah di sana, dia sudah terpilih sebagai editor di sana.

Selepas tahun pertamanya, Obama berhasil menjadi presiden atau ketua di Harvard Law Review ditahun keduanya.

Ditahun 1991, Barack Obama menjabat sebagai Dosen Tamu Hukum dan Pemerintahan di University of Chicago Law School selama kurang lebih dua tahun.

Selepas itu, Obama mengajar di University of Chicago Law School selama 12 tahun mengajarkan ilmu mengenai hukum konstitusi.

Menjadi Senator

Senat di Amerika Serikat itu merupakan salah satu lembaga legislatif yang merupakan bagian dari Kongres Amerika Serikat, anggota dari senat disebut dengan senator.

Barack Obama terpilih sebagai senator pada tahun 1996 bagian Illinois. Terpilihnya dirinya, membuat dua partai politik mendukungnya sehingga dirinya mendapatkan dukungan untuk mereformasi perundang-udangan dan etika hukum perawatan kesehatan.

Obama juga mendukung hukum yang pro kepada rakyatnya seperti meningkakan kredit pajak bagi pekerja berpendapatan rendah, mempromosikan peningkatan subsidi bagi anak, dan nengoisasi perbaikan kesejahteraan.

Barack Obama merupakan senator dari Illinois Amerika yang menjabat dari 3 Januari sampai 16 November 2008, selepas itu dia memutuskan untuk maju ke pemilihan Presiden Amerika Serikat.

Kampanye Sebagai Calon Presiden Amerika Serikat

Ditahun 2007, Obama mengumumkan bahwa dirinya maju sebagai calon Presiden Amerika Serikat di depan Gedung Old State Capitol di Springfield, Illinois.

Selama masa kampanye, Obama menekankan mengenai isu mengenai perang yang terjadi di Irak, meningkatkan kebebasan energi, dan menyediakan perawatan kesehatan.

Lawan Barack Obama dalam pemilihan calon presiden ini adalah John McCain yang dicalonkan oleh Partai Republik.

Tepat ditahun 2008, Barack Obama keluar sebagai pemenang dalam pemilihan Presiden Amerika Serikat. Dia mendapatkan 53% suara rakyat.

Berkat hal itu, Obama merupakan presiden Amerika Serikat yang memiliki darah keturunan orang Afrika yang diturunkan dari ayahnya.

Selama menjadi Presiden Amerika Serikat, kinerja yang ditunjukan oleh Obama sangatlah bagus sehingga dia berhasil terpilih kembali sebagai Presiden Amerika Serikat selama 2 periode.

Masa jabatan Barack Obama, habis pada tahun 2017 yang lalu, dan kemudian jabatannya digantikan oleh Donal Trump, yang berhasil terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat berikutnya.

Author Profile

About Biografi Pedia

Halo, salam kenal. Saya selaku pengurus blog ini, semoga artikel di atas dapat membantumu, terima kasih sudah berkunjung.

0 Komentar Biografi Barack Obama Presiden Amerika Serikat

Posting Komentar

Hai, para pengunjung/pembaca situs biografipedia. Mengenai konten biografi yang Anda baca di atas merupakan hasil dari pengumpulan beberapa informasi mengenai tokoh yang bersangkutan. Kami berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan informasi seakurat mungkin, namun jika ada kesalahan mengenai informasi yang disampaikan di atas kami memohon maaf.

Berkomentarlah sesuai dengan topik yang sedang dibahas. Komentar dengan perkataan yang buruk atau tidak layak untuk dilihat, spam, link hidup akan kami hapus demi kenyamanan. Terima kasih.

Back To Top