Biografi Tokoh Dunia Lengkap

Biografi Pedia memberikan informasi seputar Biografi tokoh dunia dan biodata lengkap yang berasal dari sumber yang terpercaya.

Sabtu, 13 April 2019

Biografi Liliyana Natsir Atlet Bulu Tangkis Indonesia

Liliyana Natsir nama yang tidak akan pernah bisa dilupakan dalam dunia bulu tangkis. Kariernya yang begitu bagus dengan pencapaian-pencapaian prestasi yang luar biasa telah diraih olehnya. Salah satu prestasi liliyana natsir yang begitu luar biasa, saat dirinya bersama Tontowi Ahmad berhasil mendapatkan medali emas dalam ajang Olimpiade Rio de Janiero pada tahun 2016 yang lalu.

Kamu sudah kenal belum dengan Liliyana Natsir, jika belum, mari baca biografinya dibawah ini.

Liliyana Natsir lahir pada tanggal 9 September 1985 di Manado, Sulawesi Utara. Iya, dia berasal dari Kota Manado yang merupakan ibu kota dari Provinsi Sulawesi Utara. Dalam kehidupan keluarga, Liliyana Natsir memiliki dua bersaudara dan dirinya merupakan anak terakhir dari pasangan Beno Natsir dan Olly Maramis.

biografi liliyana natsir

Karier Liliyana Natsir dalam Dunia Bulu Tangkis

Ketertarikan Liliyana terhadap bulu tangkis sudah dimulai sejak dia masih berusia belia. Sejak duduk di sekolah dasar, Liliyana bergabung dengan klub bulu tangkis Pisok yang ada di Manado.

Keseriusannya untuk fokus dalam dunia bulu tangkis mulai terlihat ketika Liliyana berusia 12 tahun, dia memutuskan untuk pindah klub di PB Tangkas yang ada di Jakarta.

Hanya berselang 3 tahun saja, ketika umurnya menginjak 15 tahun, Liliyana sudah masuk dalam pemusatan latihan nasional (Pelatnas). Kariernya dimulai ketika dia dipasangkan dengan Vita Marissa pada ganda campuran.
Selain Liliyana, baca juga atlet bulu tangkis berprestasi lainnya, yaitu biografi mohamad ahsan lewat tautan itu.
Namun, sejak tahun 2004 melalui arahan pelatih pada saat itu, yaitu Richard Mainaky. Liliyana Natisr dipasangkan dengan Nova Widianto dalam ganda campuran.

Richard Mainaky mengambil keputusan yang tepat, pasangan ganda campuran Liliyana dengan Nova berhasil meraih beberapa prestasi yang membanggakan, antara lain :
  • Singapore Open (2004)
  • SEA Games (2005)
  • SEA Games (2007)
  • Juara Dunia di Amerika Serikat (2005)
  • Juara Taiwan Open (2006)
  • Indonesia Open (2005)
  • Runner-Up All England Open Super Series (2008)
Runner-Up All England Open Super Series adalah prestasi terakhir yang diraih oleh pasangan ganda campuran ini karena ditahun 2009, Nova Widianto yang saat itu berumur 35 tahun menjadi alasan bagi PBSI untuk menyudahi pasangannya dengan Liliyana.

Liliyana Natsir ini memang spesiali dalam ganda campuran, setelah kepergian Nova Widianto, dirinya dipasangkan dengan rekan barunya yang bernama Tontowi Ahmad.

Seperti jodoh, pasangan ini berhasil membawa gelar juara di Turnamen Macau Open Grand Prix Gold ditahun 2010. Pasangan ganda campuran ini memberikan banyak prestasi dalam dunia bulu tangkis di Indonesia.

Torehan prestasi yang diraih oleh pasangan ganda campuran Liliyana Natsir dengan Tontowi Ahmad antara lain :
  • Juara Malaysia Open GP Gold (2011)
  • Juara Sunrise India Open Super Series (2011)
  • Juara Swiss Open (2012)
  • Runner-Up Yonex Denmark Open (2012)
Salah satu catatan prestasi terbesar mereka itu saat mereka berhasil menjadi juara Yonex All England Badminton Championships ditahun 2013. Ditahun yang sama, mereka juga berhasil menjadi juara dunia pada ajang BWF World Championship yang diadakan di Guangzhou, China.

Prestasi Liliyana Natsir

Diatas itu sudah dituliskan beberapa prestasi yang pernah diraih oleh Liliyana, nah berikut ini ada prestasi lainnya yang dikemas dalam bentuk gambar yang mungkin saja bisa untuk kalian simpan.

biografi liliyana natsir

Akhir Karier Liliyana Natsir

Tepat pada tahun 2019 ini merupakan karier terakhir dari Liliyana Natsir sebagai pemain bulu tangkis Indonesia, dia memutuskan untuk pensiun sebagai pemain bulu tangkis.

Daihatsu Indonesia Masters 2019 menjadi ajang terakhir Liliyana bersama dengan Tontowi Ahmad. Dalam ajang tersebut mereka berhasil melaju ke final melawan ganda campuran nomor satu dunia asal China, Zheng Siwei dan Huang Yaqiong, dan pasangan liliyana-Natsir harus menelan kekalahan.

Dengan serangkaian prestasi yang membanggakan, Indonesia tidak akan pernah melupakan prestasi yang telah diraih oleh Liliyana Natsir.

Author Profile

About Biografi Pedia

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel di atas.

0 Komentar Biografi Liliyana Natsir Atlet Bulu Tangkis Indonesia

Posting Komentar

Hai, para pengunjung/pembaca situs biografipedia. Mengenai konten biografi yang Anda baca di atas merupakan hasil dari pengumpulan beberapa informasi mengenai tokoh yang bersangkutan. Kami berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan informasi seakurat mungkin, namun jika ada kesalahan mengenai informasi yang disampaikan di atas kami memohon maaf.

Berkomentarlah sesuai dengan topik yang sedang dibahas. Komentar dengan perkataan yang buruk atau tidak layak untuk dilihat, spam, link hidup akan kami hapus demi kenyamanan. Terima kasih.

Back To Top