Biografi Tokoh Dunia Lengkap

Biografi Pedia memberikan informasi seputar Biografi tokoh dunia dan biodata lengkap yang berasal dari sumber yang terpercaya.

Senin, 15 April 2019

Biografi Neymar Jr Talenta Berbakat dari Brasil

Neymar Jr merupakan seorang atlet sepakbola yang memiliki talenta dan skill luar biasa yang pernah dimiliki oleh Negara Brasil. Kita pun sudah tidak heran lagi, bahwa Brasil menjadi negara dengan banyak sekali menciptakan pemain-pemain berbakat dalam dunia sepakbola salah satunya ya Neymar ini.

Namanya mulai melesat ketika Neymar menampilkan penampilan dengan skill yang lihai ketika membela klub sepakbola asal Brasil, yaitu Santos. Yang banyak menarik perhatian klub-klub besar yang ada di Eropa, salah satunya Barcelona FC pada saat itu yang tertarik untuk memboyongnya ke Spanyol.

Neymar lahir pada tanggal 5 Februari 1992 di Mogi das Cruzes, Sao Paulo, Brasil. Nama aslinya Neymar da Silva Santos Junior dan dunia sepakbola mengenalnya sebagai Neymar atau Neymar Jr.

Neymar merupakan anak dari pasangan Neymar da Silva Sr dengan Nadine Santos. Pepatah memang benar adanya bahwasannya "Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya" pepatah ini sangat tepat sekali untuk Neymar Jr. Karena ayahnya adalah mantan pemain sepakbola yang akhirnya membuat Neymar menjadi tertarik dengan olahraga ini.

biografi neymar

Ketika berusia 11 tahun, untuk pertama kalinya, Neymar bergabung dengan sebuah klub yang bernama Portuguesa Santista, klub ini menjadi klub pertama yang dimasuki oleh Neymar. Namun, Neymar tidak lama berada dalam klub tersebut karena hanya kurang dari setahun, dia memutuskan keluar dari klub Portuguesa Santista karena kepindahan keluarganya ke Kota Santos.

Di kota Santos, Neymar bergabung dengan akademi sepakbola klub Santos FC, sebuah klub yang berbasis di Santos, Sao Paulo. Salah satu klub besar yang ada di negara Brasil yang telah melahirkan pemain-pemain yang hebat.

Debut Pertama Neymar di Dunia Sepakbola

Bergabung dengan akademi Santos FC saat berusia 11 tahun, dan baru memulai debut profesionalnya ketika berumur 17 tahun. Debutnya dimulai ketika membela Santos FC yang berhasilkan mengalahkan lawannya Oeste.

Selepas debut pertamanya dengan Santos FC melawan Oeste. Seminggu berikutnya Neymar diturunkan kembali dan berhasil mencetak gol pertamanya untuk Santos ketika melawan Mogi Mirim.

Dalam debut musim pertamanya, Neymar berhasil mencetak 14 gol dalam 48 pertandingannya bersama Santos, suatu pencapaian yang luar biasa dalam debut pertamanya.

Ditahun 2010, permainan dari Neymar semakin matang dan bagus, dia berhasil membawa Santos FC menang dalam ajang Campeonato Paulista 2010 dengan mencetak 14 gol di sepanjang turnamen tersebut.

Ditahun 2010 juga, Neymar telah menciptakan 42 gol dalam satu musim itu. Prestasinya tersebut membuat Neymar menempati posisi ketiga penghargaan South American Footballer of the Year 2010.

Saat usianya menginjak 19 tahun, Neymar berhasil mendapatkan penghargaan Pemain Terbaik Amerika Selatan tahun 2011, setelah penampilannya yang luar biasa ditahn 2010. Tidak hanya itu, pada tahun 2011 Neymar telah masuk dalam nominasi untuk FIFA Ballon d'Or, yang di mana saat itu, Dia berhasil menempati urutan 10 dan juga memenangkan FIFA Puskas Award untuk Goal of the Year.

Nama Neymar mulai populer dikalangan klub-klub besar di Eropa, salah satunya West Ham United yang tertarik untuk membeli Neymar dari Santos FC, namun tawaran tersebut ditolak oleh pihak klub.

Tidak hanya West Ham United saja, Real Madrid pun juga turut tertarik untuk membelinya dari Santos pada tahun 2011, namun hanya saja pada saat itu, Neymar Jr lebih memilih untuk memperpanjang kontrak dengan Santos FC.

Memasuki musim 2012, Neymar semakin matang dalam bermain sepakbola dengan berhasil mencetak gol ke-100-nya untuk Santos serta berhasil mendapatkan penghargaan Golden Ball, Runner-Up FIFA Puskas Award, dan South American Footballer of the Year.

Penampilannya yang luar biasa membuat Neymar bermimpi untuk bermain sepakbola dalam dunia Eropa yang membuatnya pada tahun 2013 memutuskan untuk bergabung dengan Barcelona bersama dengan pemain terbaik dunia saat itu, yaitu Lionel Messi dengan masa kontrak 5 tahun.

Bersama dengan Barcelona, Neymar berhasil memenangkan beberapa gelar yang diantaranya adalah :
  • La Liga : 2014-2015 dan 2015-2016
  • Copa del Rey : 2014-2015 dan 2015-2016
  • Piala Super Spanyol : 2013
  • Liga Champions UEFA : 2014-2015
  • Piala Dunia Antarklub FIFA : 2015
4 tahun membela Barcelona FC membuat Neymar ingin mencari tantangan yang lebih baru untuk karier sepakbolanya dan tepatnya pada tanggal 3 Agustus 2017, Neymar resmi pindah ke Paris Saint-Germain yang di mana dalam transfer ini, PSG menjadikan Neymar sebagai pemain termahal di dunia.

Karier Neymar Bersama Brasil

Neymar mengalawi karier internasionalnya dengan membela tim Brasil U-17 di Piala Dunia 2009 di mana, dia berhasil mencetak gol di laga pembuka melawan Jepang.  Dan pada tahun 2010, Neymar untuk pertama kalinya masuk dalam tim senior Brasil yang pada saat itu tengah dilatih oleh Mano Menezes.

Gelar yang berhasil dipersembahkan oleh Neymar untuk Brasil diantara lainnya :
  • Medali Perak Olimpiade : 2012
  • Piala Konfederasi : 2013
  • Medali Emas Olimpiade : 2016
Selain Neymar, Brasil juga memiliki pemain sepakbola yang luar biasa, yaitu biografi ricardo kaka, jangan lupa untuk dibaca ya.

Penghargaan yang Pernah diraih Oleh Neymar

Berikut ini penghargaan-penghargaan individu yang pernah diraih oleh Neymar dari awal debutnya hingga saat ini :
  • World Soccer Young Player of the Year : 2011
  • Campeonato Brasileiro Série A Best Player: 2011
  • Campeonato Brasileiro Série A Championship Squad: 2010, 2011, 2012
  • Brazilian Silver Ball: 2010, 2011
  • Brazilian Golden Ball: 2011
  • Bola de Ouro: 2012
  • Piala Dunia Antarklub FIFA Bronze Ball: 2011
  • South American Footballer of the Year: 2011, 2012
  • Penghargaan Puskás FIFA: 2011
  • Pemain Terbaik (MVP) Copa Libertadores: 2011
  • Piala Konfederasi FIFA Bola Emas: 2013
  • Piala Konfederasi FIFA Sepatu Perunggu: 2013
  • Piala Konfederasi FIFA Dream Team: 2013
  • Piala Dunia FIFA Bronze Boot: 2014
  • Piala Dunia FIFA Dream Team: 2014
  • Samba Gold: 2014, 2015
  • FIFA FIFPro World XI: 2015
Nah, itulah informasi mengenai Neymar Jr yang bisa kalian baca dalam artikel, bila ada kesalahan atau tidak keakuratan informasi di atas, silahkan berkomentar ya. Semoga artikel di atas bermanfaat dan terima kasih sudah membaca.

Author Profile

About Biografi Pedia

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel di atas.

0 Komentar Biografi Neymar Jr Talenta Berbakat dari Brasil

Posting Komentar

Hai, para pengunjung/pembaca situs biografipedia. Mengenai konten biografi yang Anda baca di atas merupakan hasil dari pengumpulan beberapa informasi mengenai tokoh yang bersangkutan. Kami berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan informasi seakurat mungkin, namun jika ada kesalahan mengenai informasi yang disampaikan di atas kami memohon maaf.

Berkomentarlah sesuai dengan topik yang sedang dibahas. Komentar dengan perkataan yang buruk atau tidak layak untuk dilihat, spam, link hidup akan kami hapus demi kenyamanan. Terima kasih.

Back To Top